Akta Notaris, Kenali Dulu Macam dan Fungsinya Sebelum Membuat

Akta Notaris
,

Officenow– Sebelum Anda memutuskan untuk membeli berbagai macam properti berupa tanah atau bangunan, pahamilah berbagai macam dokumen penting yang menyertainya. Tidak hanya berupa kepemilikan fisik, tetapi akta notaris juga merupakan salah satu berkas prinsip yang harus ada ketika akan membuat suatu badan hukum usaha. 

Oleh karenanya, untuk membuat akta notaris ini tentu saja tidak bisa sembarangan. Anda memerlukan pejabat berwenang yang tersumpah dan memahami aturan agar sesuai dengan ketentuan hukum. Karena, semua yang terdapat pada dokumen tersebut mengandung konsekuensi hukum dan semua pihak harus dapat mempertanggungjawabkannya. 

Apa Itu Akta Notaris?

Apa yang disebut dengan Akta Notaris?

Akta notaris merupakan sebuah dokumen resmi yang pejabat berwenang buat, yaitu seorang notaris.  ketentuan ini ada pada kitab undang-undang hukum perdata pasal 1870.  Keseluruhan isi dokumen tersebut memiliki konsekuensi hukum bersifat mutlak dan mengikat semua pihak yang yang terlibat di dalamnya.

Dalam pengertian lain akta notaris merupakan sebuah dokumen otentik tertulis yang dapat berfungsi sebagai bukti shahih terjadinya suatu peristiwa yang memiliki konsekuensi hukum.  Pembuatannya pun wajib dilakukan pada pejabat berwenang antara lain notaris, hakim, atau jaksa.

Fungsi Akta Notaris

Oleh karenanya Jika Anda ingin membuat akta notaris perusahaan,maka lakukanlah pengesahannya di depan Notaris yang berwenang. Salah satu indikatornya adalah sudah tersumpah serta terdaftar pada Kemenkumham. Dengan demikian tidak bisa sembarangan saja pihak yang terlibat memproses dokumen tersebut.

Akta notaris pendirian PT yang itu tidak hanya saja pada bentuk hukum perusahaan terbatas atau CV. Tetapi juga pada bentuk badan usaha lainnya, baik firma yayasan, PMA dan lain sebagainya. Karena tanpa dokumen pengesahan tersebut maka badan usaha tidak akan mendapatkan SK pengesahan dari Kemenhumkam. 

Persyaratan Formal Legalitas

Persyaratan Formal Legalitas

Akta notaris merupakan persyaratan formal untuk membuat legalitas suatu badan usaha atau proses pindah tangan kepemilikan properti. Karena akan tertulis akan tertera seluruh proses serta apa saja yang mengikat kedua belah pihak yang terkait.  Selanjutnya jika terjadi suatu dan lain hal maka yang menjadi dasar adalah akta itu.

Dokumen penting ini juga merupakan salah satu bagian Ketika anda ingin memiliki properti misalnya tanah. Maka untuk melakukan pengesahan proses jual beli perlu adanya akta notaris tanah. Dengan demikian dokumen ini akan menjadi dasar adanya kepindahan pemilik antara satu pihak dengan pihak yang lain.

Begitu juga jika anda hendak mendirikan sebuah organisasi nirlaba. Agar dapat berjalan sesuai dengan ketentuan hukum maka langkah pertama adalah membuat akta notaris organisasi. Sebab semua ketentuan serta pihak yang terlibat di dalamnya akan tertera beserta dengan tanggung jawab dan kewajiban yang melekat.

Begitu juga jika hendak mendirikan suatu yayasan yang bergerak dalam bidang kemanusiaan atau pendidikan. Karena umumnya melibatkan berbagai pihak yang terkait terutama pada permodalan serta bagaimana cara berjalannya yayasan tersebut. Karena itu, sebagai langkah pertama perlu akta notaris yayasan.

Alat Bukti Tertulis yang Otentik

Dokumen ini dibuat di hadapan notaris merupakan dokumen penting yang menjelaskan kronologis secara hukum suatu peti atau pendirian badan usaha. Oleh karenanya merupakan sebagai salah satu alat bukti tertulis yang otentik jika pada kemudian hari terdapat sengketa pihak lain yang merasa memiliki. 

Terutama pada pembentukan organisasi atau perkumpulan masyarakat yang tujuannya mengumpulkan dana secara luas. Pasalnya, bisa jadi terdapat beberapa pihak yang merasa terugikan karena adanya pembentukan ini. Oleh karena itu penting untuk membuat akta notaris perkumpulan saat pertama kali hendak menjalankannya.

Misalnya saat membentuk perkumpulan yang melibatkan banyak orang contohnya adalah kelompok tani yang memiliki tujuan untuk kualitas petani dan panenan. Oleh karena melibatkan orang banyak bisa jadi terdapat beberapa pihak yang yang merasa tidak terlibatkan ketika akan membuat pengesahannya.

Oleh karena itu untuk membuktikan bahwa perkumpulan tersebut sudah memenuhi ketentuan hukum maka perlu membuatkan akta notaris kelompok tani. Tujuannya agar sistem yang telah ada oleh manajemen segera dapat berjalan dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitasnya. 

Jika Anda hendak membuat badan usaha berbentuk CV.  bukan berarti tidak perlu sebuah akta notaris CV untuk menjelaskan pendiriannya. Karena seluruh kegiatan bisnis oleh CV nanti sebagai suatu badan usaha tetap harus mengikuti koridor yang berlaku.  jika Anda tidak memiliki dokumen tersebut maka akan melanggar ketentuan.

Terlebih lagi jika badan usaha yang hendak Anda legalitas kan adalah PT atau berupa perusahaan terbatas yang memiliki bidang usaha lebih luas. Maka langkah pertama adalah harus membuat akta notaris PT. Pasalnya, berbasis dokumen tersebut, Kemenkumham akan memberi mengeluarkan SK pengesahan badan usaha itu.

Sehingga Anda dapat bergerak dalam bidang yang telah tertulis pada saat pembuatan akte tersebut pada hadapan notaris. Karena semua itu oleh perusahaan terbatas atau PT harus telah terdaftar serta tertera pada dokumen penting tersebut. Pasalnya yang menjadi dasar ketentuan hukum untuk menjalankan bisnisnya adalah akta itu.

Jenis-Jenis Akta Notaris

Selain akta notaris untuk pembuatan badan usaha atau kepemilikan properti terdapat beberapa jenis yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuatnya. 

Akta Relaas

Akta relaas disebut juga sebagai akta pejabat atau akte berita acara dan dibuat oleh notaris. Pada umumnya memuat berbagai macam keterangan dari notaris tentang tindakan atau kondisi yang disaksikannya pada saat menjalankan profesinya. Seluruh deskripsi yang tertulis tersebut harus bersifat otentik.

Akta Partij

Orang mengenal Akta Partij sebagai akta pihak yang dibuat di hadapan seorang pejabat yang berwenang. Isinya adalah menjelaskan apa yang telah dilakukan oleh para pihak yang terlibat di dalamnya di depan pejabat berwenang tersebut. Sehingga dokumen ini sangat kuat di mata hukum dan umumnya berfungsi untuk menghindari berbagai risiko kerugian.

Contoh Akta Notaris yang Ada

Contoh Akta Notaris yang Biasa Dibuat

Dokumen ini tidak hanya terbuat ketika terjadi perubahan kepemilikan properti seperti tanah atau bangunan. Juga tidak terbatas pada legalitas pendirian badan usaha.  namun terdapat beberapa dokumen penting yang banyak orang mengenalnya sebagai Akta Notaris. 

  • Perjanjian jual beli antara pihak yang terlibat
  • Dokumen penting yang menjelaskan tentang pendirian Perseroan Terbatas atau PT serta badan usaha lainnya
  • Perjanjian sewa-menyewa antara kedua belah pihak yang terlibat
  • Terjadinya perubahan risalah rapat umum pemegang saham pada perusahaan terbuka
  • Sebagai salah satu dokumen pendirian Yayasan, organisasi nirlaba, atau perkumpulan lainnya
  • Dokumen yang berhubungan dengan akta warisan, akta hibah dan wakaf
  • Perjanjian kerjasama antara dua pihak yang terlibat untuk menghindari berbagai macam kerugian yang mungkin timbul
  • Perjanjian tentang utang piutang dalam jumlah tertentu yang terjadi antara pihak yang terlibat di dalamnya
  • Kontrak kerja antara pihak perusahaan dengan perusahaan lain atau yang bersangkutan

Oleh karena melihat pentingnya akta notaris ini, maka sebelum mendirikan suatu badan perhatikanlah persyaratan pembuatannya. Jangan sampai Anda mengabaikan hal tersebut hingga melanggar hukum serta pada akhirnya akan menanggung konsekuensinya.

Posted in Blog

Jumat Agu 05 7:37 am

Tidak ada Komentar