Notaris Murah Jakarta Timur, Apa Saja Tugas dan Kewenangannya?

Notaris Murah Jakarta Timur
, , ,

Office Now – Tidak jarang Anda terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan pendirian perusahaan atau jual beli properti. Profesi notaris murah Jakarta Timur dibutuhkan untuk membantu dokumen legalitas. Selain itu, profesi ini juga memiliki peranan penting dalam mengurus surat-surat berharga lainnya.

Mengenal Profesi Notaris Murah Jakarta Timur

Mengenal Profesi Notaris Murah Jakarta Timur

Secara umum, profesi notaris murah Jakarta Timur merupakan pejabat publik yang mempunyai tugas dan wewenang terkait penyusunan akta autentik. Untuk menjalankan profesi ini, bisa dilakukan oleh orang-orang yang telah lulus dari pendidikan hukum. 

Selain itu, profesi notaris telah memiliki lisensi dari pemerintah sehingga bisa melakukan tindakan hukum. Termasuk dalam hal menjadi saksi resmi dari kegiatan penandatanganan dokumen penting.

Dalam Undang-Undang nomor 2 tahun 2014, notaris sebagai pejabat umum memiliki kewenangan membuat akta dan kewenangan lain berdasarkan undang-undang.

Sedangkan untuk istilah notaris sendiri berasal dari kata notarius. Awalnya notarius sebutan untuk seorang penulis cepat. Sehingga, notaris merupakan jasa profesi pada bidang hukum.

Profesi notaris tidak ditempatkan pada lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Sehingga memiliki posisi netral dan dapat memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Selain itu, notaris murah Jakarta Timur tidak memperbolehkan berpihak kepada klien, sehingga tidak akan timbul masalah.

Tugas dan Wewenang Notaris Murah di Jakarta Timur

Tugas dan Wewenang Notaris Murah di Jakarta Timur

Untuk tugas dan kewenangan seorang notaris ada pada pasal 15 Undang-Undang nomor 2 tahun 2014. 

Wewenang Notaris Murah Jakarta Timur

Notaris murah di Jakarta Timur memiliki kewenangan membuat akta autentik untuk:

  • Semua perbuatan
  • Perjanjian
  • Serta penetapan

Ketiga hal tersebut harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berkepentingan dalam akta otentik. Selain itu, ada kewenangan lain bagi profesi ini, yaitu:

  • Menjamin kepastian tanggal pembuatan akta
  • Melakukan penyimpanan akta
  • Memberikan grosse, salinan dan kutipan akta.

Tugas Notaris

Sedangkan untuk tugas seorang notaris murah Jakarta Timur, Anda bisa melihat daftar berikut ini, yaitu:

  • Notaris memiliki tugas membuat akta otentik yang didalamnya memuat tindakan, kesepakatan dan peraturan berkaitan dengan hukum. Nantinya semua hal tersebut akan tertuang dalam bentuk akta otentik.
  • Melakukan pembenaran kesalahan pada pengetikan maupun penulisan akta yang akan diberi tanda tangan. Selain itu, notaris akan menyusun berita acara dan mengirimkannya kepada pihak yang bersangkutan.
  • Memastikan tanggal asli dari pembuatan akta, serta melakukan penyimpanan akta, salinan dan kutipan akta.
  • Selain itu, seorang notaris juga harus melakukan verifikasi tanda tangan dan konfirmasi tanggal dari surat di bawah tangan. Notaris akan melakukan pencatatan pada buku khusus atau disebut sebagai waarmerking.
  • Melakukan pengurusan pembukuan dokumen di bawah tangan, lalu melakukan pendaftaran.
  • Membuat salinan asli dari dokumen asli.
  • Melakukan pengesahan terhadap salinan dengan surat aslinya atau legalisasi.
  • Seorang notaris juga bertugas memberikan nasihat hukum berkaitan dengan perumusan dokumen maupun akta.
  • Melakukan penandatanganan akta catatan lelang.
  • Membuat kontrak berkaitan dengan tanah.

Persyaratan Menjadi Notaris dan Gajinya

Untuk menjadi seorang notaris murah Jakarta Timur harus memenuhi sejumlah syarat untuk mendapatkan gaji.

Syarat Menjadi Notaris

Dasar hukum dari persyaratan terkait jabatan notaris ada pada pasal 3 Undang-Undang nomor 3 tahun 2004. Berikut persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang notaris, yaitu:

  • Syarat mutlak pertama adalah Warga Negara Indonesia yang dapat dibuktikan secara sah.
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka calon notaris harus beragama yang mendapat pengakuan dari Negara Indonesia.
  • Usia minimal 27 tahun dan telah menyelesaikan masa studi.
  • Memiliki kesehatan fisik dan mental yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan sehat secara jasmani dan rohani.
  • Calon notaris memiliki gelar sarjana hukum dan gelar sarjana pendidikan notaris. Sehingga calon notaris benar-benar memahami dan menguasai bidang kenotariatan untuk masa mendatang.
  • Setelah mendapatkan gelar kenotariatan, calon notaris mendapatkan rekomendasi untuk magang di kantor notaris. Rekomendasi tersebut didapatkan dari lembaga notaris dalam jangka waktu 12 bulan berturut-turut.
  • Persyaratan selanjutnya, calon tidak berstatus sebagai pegawai negeri, penyelenggara negara atau jabatan lainnya. 
  • Notaris harus melakukan sumpah di hadapan menteri atau pejabat yang ditunjuk.
  • Tidak hanya itu, melainkan juga mendaftar sebagai anggota khusus dari Ikatan Notaris Indonesia.
  • Calon notaris juga harus mengikuti ujian dan lulus dari ujian kode etik notaris.

Gaji Notaris

Pada dasarnya notaris tidak mendapatkan gaji dari negara maupun pihak lain. Hal yang menjadi dasar adalah aturan Undang-Undang nomor 2 tahun 2014. 

Lalu pendapatan notaris murah Jakarta Timur berasal dari mana? Notaris mendapatkan penghasilan dari klien atas pembayaran jasanya. Besaran pendapatan notaris telah ada dalam pasal 36. Komisi yang notaris dapatkan tergantung dari nilai ekonomis dan nilai sosiologis dari setiap pembuatan akta.

Besaran komisi seorang notaris tidak lebih dari Rp5 juta. Adapun untuk nilai ekonomis berlaku perhitungan seperti di bawah ini:

  • Nilai ekonomis Rp100 juta, maka honorarium tertinggi 2,5 persen dari nilai ekonomis.
  • Untuk nilai ekonomis lebih dari Rp100 juta sampai Rp1 miliar, maka honorarium tertinggi 1,5 persen.
  • Sedangkan untuk nilai ekonomis lebih dari Rp1 miliar, maka honorarium yang bisa diterima sesuai dengan kesepakatan dengan klien. Namun, nilainya tidak lebih dari 1 persen dari objek yang akan dibuatkan aktanya.

Tips Mencari Notaris Murah Jakarta Timur

Tips Mencari Notaris Murah Jakarta Timur

Simak tips mencari notaris murah Jakarta Timur yang akan membantu Anda membuat dokumen legal perusahaan, antara lain:

Mintalah Rekomendasi

Anda bisa meminta rekomendasi dari kolega atau teman yang Anda percaya. Jangan sembarang melakukan konsultasi kepada orang yang baru Anda kenal. Oleh karena itu, jika mendapatkan rekomendasi akan lebih baik karena tidak akan merugikan di masa depan.

Cek Riwayat Kerja

Lakukan pengecekan terlebih terhadap dahulu terhadap riwayat kerja. Tujuannya untuk mengetahui siapa saja klien yang pernah melakukan kerjasama dengan notaris yang akan Anda gunakan. Siapa saja PT atau CV yang pernah meminta bantuan untuk membuat akta pendirian perusahaan.

Cek Profil Notaris

Anda juga bisa menilai kualitas notaris murah Jakarta Timur dari profil dari notaris yang bersangkutan. Saat mengecek profil akan ada riwayat pekerjaan dan cek juga keanggotaan pada asosiasi notaris atau Ikatan Notaris Indonesia. 

Cari Referensi

Jangan hanya berfokus kepada satu notaris saja. Anda memiliki banyak pilihan karena profesi notaris sangat banyak Anda temui baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. 

Adanya referensi akan membantu Anda memberikan perbandingan secara objektif. Sehingga Anda bisa melakukan penilaian dan mendapatkan notaris yang lebih bagus dan mumpuni untuk mengurus akta pendirian perusahaan.

Tidak Mengandalkan Senioritas

Pendapat semakin lama orang berkarir akan mendapatkan banyak pengalaman, memang tidak salah. Namun, untuk memilih notaris, Anda bisa berpegang kepada referensi yang lebih beragam. Lebih fokus kepada hasil dari pekerjaan notaris tersebut.

Wewenang dan tugas notaris murah Jakarta Timur memiliki keterkaitan dengan pembuatan akta pendirian perusahaan. Mengingat akta perusahaan sangat penting, maka Anda harus memilih notaris yang terbaik.

Posted in Blog

Kamis Jun 09 6:07 am

Tidak ada Komentar