About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Butuh Jasa Notaris Jakarta Selatan? Office Now Juaranya

Office Now – Adalah wewenang notaris dalam membuat akta otentik mengenai semua perbuatan, perjanjian, dan penetapan menurut peraturan perundang-undangan dan/atau yang dikehendaki oleh yang berkepentingan. Notaris berkedudukan di daerah kabupaten atau kota. Wilayah jabatannya meliputi seluruh wilayah provinsi dari tempat kedudukannya seperti notaris Jakarta Selatan.

Akta ini sesuai menurut KUHP pasal 1870 dan HIR pasal 165 (Rbg 285). Ini adalah dokumen yang memiliki kekuatan pembuktian yang mutlak dan mengikat.

Surat notaris dan akta notaris adalah dua hal yang berbeda. Surat notaris bukanlah akta notaris. Gunanya untuk kepentingan administrasi surat menyurat, seperti surat keterangan, surat laporan ke Kementerian Hukum dan HAM, dan sebagainya.

Tentang Akta Notaris

Notaris Jakarta Selatan

 Akta notaris adalah  alat bukti tulisan atau surat pembuktian utama sesuai Kitab Undang-undang Hukum Perdata pasal 1866 dan HIR 165.

Notaris Terbaik Jakarta Selatan

Jika kamu berdomisili di wilayah selatan Jakarta, sebaiknya kamu mengantongi beberapa nama notaris Jakarta Selatan. Hal ini akan memudahkan jika sewaktu-waktu butuh jasa notaris. Jangan lupa untuk memastikan juga  kalau nama yang dikantongi adalah  notaris Jakarta Selatan terbaik. 

Banyak referensi daftar notaris Jakarta Selatan di internet yang bisa menjadi acuan dari para notaris Jakarta Selatan.

Kewajiban Notaris

Notaris  Jakarta Selatan memiliki kewajiban sebagai berikut: 

  • Harus orang yang jujur, amanah, mandiri, saksama, serta tidak berpihak dan menjaga kepentingan pihak terkait dalam perbuatan hukum;
  • Mengerjakan akta berbentuk Minuta Akta serta menyimpannya.
  • Menggabungkan surat dan dokumen serta sidik jari penghadap pada Minuta Akta;
  • Mengeluarkan salinan akta, Grosse Akta, dan  Kutipan Akta berdasarkan Minuta Akta;
  • Memberi pelayanan sesuai dengan ketentuan UU 30/2004 seperti tertulis dalam UU 2/2014, kecuali ada alasan untuk menolaknya;
  • Menjaga rahasia tentang Akta yang dibuat beserta segala keterangan yang diperoleh dalam pembuatan Akta sesuai dengan sumpah/janji jabatan, kecuali undang-undang menentukan lain;
  • Menyusun Akta dalam 1 bulan menjadi buku yang isinya tidak lebih dari 50 Akta. Jika tidak dapat menjadi satu buku, Akta boleh dijilid menjadi lebih dari satu buku. Mencatat jumlah Minuta Akta, bulan serta tahun pembuatannya pada sampul setiap buku;
  • Membuat daftar Akta protes tidak dibayar dan/atau tidak diterimanya surat berharga;
  • Membuat daftar Akta sesuai wasiat menurut urutan waktu pembuatan Akta setiap bulan;
  • Mengirimkan daftar dari Akta tentang wasiat atau daftar nihil tentang wasiat ke pusat daftar wasiat pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dalam waktu 5  hari pada minggu pertama setiap bulan berikutnya;
  • Mendata repertorium menurut tanggal pengiriman daftar wasiat pada setiap akhir bulan;
  • Memiliki cap berlambang negara Republik Indonesia dan pada ruang melingkarinya terdapat nama, jabatan, dan tempat kedudukan yang bersangkutan;
  • Wajib membacakan seluruh isi dari Akta dan dihadiri paling sedikit 2 orang saksi, atau 4 orang saksi khusus untuk pembuatan Akta wasiat di bawah tangan. Akta ditandatangani saat itu juga oleh penghadap, saksi, juga Notaris;
  • Wajib menerima magang dari calon notaris.

Apa itu Notaris

Apa itu Notaris Jakarta Selatan

Notaris hanya diizinkan memiliki satu kantor di tempat kedudukannya. Kedudukan notaris Pejabat Pembuat Akta Tanah mengikuti tempat kedudukan notaris. Notaris tidak memiliki wewenang menjalankan jabatan di luar tempat kedudukannya.

Seorang notaris dapat juga merangkap sebagai seorang pejabat pembuat akta tanah. Namun, harus dipahami bahwa kedua profesi ini berbeda. Keduanya juga dibedakan oleh dasar hukum yang mengaturnya.

Notaris sebenarnya merupakan profesi untuk mereka yang telah menyelesaikan pendidikan hukum yang dilisensi oleh pemerintah sebagai seorang saksi pada penandatanganan kesepakatan dalam dokumen. Profesi notaris ini juga bermacam-macam bergantung pada sistem hukum yang berjalan.

Pada mulanya istilah notaris berasal dari nama notarius yang kemudian digunakan untuk titel bagi penulis yang cepat atau biasa disebut stenografer. Ini adalah satu bagian dari profesi hukum yang ada di dunia. Jabatan ini tidak ditempatkan pada lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif. 

Notaris diharapkan memiliki posisi yang netral sehingga dapat memberikan penyuluhan hukum dan tindakan hukum atas permintaan klien. Mereka juga tidak boleh memihak kliennya. Seperti yang sudah kita singgung di atas, notaris sejatinya memiliki posisi netral guna mencegah terjadinya masalah.

Begitu pula halnya dengan notaris Jakarta Selatan.

Fungsi dan Tugas Seorang Notaris Jakarta Selatan

  • Membukukan setiap surat yang bertanda tangan serta mendaftarkannya  dalam buku khusus
  • Melakukan pengesahan kecocokan antara fotokopian dengan surat aslinya
  • Memberikan informasi seputar hukum tentang pembuatan akta
  • Membuat akta lelang
  • Pembuatan akta yang berkaitan dengan pertanahan
  • Membuat fotokopi surat asli di bawah tanda tangan dalam salinan yang berisikan uraian dan menuliskannya dalam surat yang bersangkutan
  • Memeriksa kesalahan dalam penulisan atau pengetikan pada akta yang sudah ditandatangani. Membuat laporan dan memberikan catatan pada minuta akta asli yang menyebutkan tanggal dan nomor berita acara pembetulan. Mengirimkan salinan ke para pihak terkait.

Jenis Notaris Jakarta Selatan

Notaris civil law yaitu suatu lembaga notariat yang berasal dari italia utara, tetapi kini dianut oleh Indonesia.

Ciri-cirinya:

  • Diangkat oleh pejabat yang berwenang atau pejabat pemerintah yang berwenang.
  • Tujuan melayani kepentingan masyarakat umum.
  • Mendapatkan honorarium dari masyarakat umum.

Notaris common law yaitu notaris yang ada di negara Inggris dan Skandinavia.

Ciri-cirinya:

  • Akta tidak dalam bentuk tertentu
  • Tidak diangkat oleh pejabat penguasa

Dalam pelaksanaan pembuatan akta koperasi juga sangat diperlukan bagi sekelompok orang yang akan mendirikan badan usaha koperasi. Hal ini untuk mendapatkan kepastian hukum dari pemerintah. Keberadaan koperasi akan menjadi kuat dengan adanya akta otentik berupa akta pendirian koperasi tersebut.

Jadi jika ingin membuat koperasi maka jelas kita perlu jasa notaris. Sama halnya mencari daftar notaris Jakarta Selatan kita juga bisa mencari notaris koperasi Jakarta Selatan. 

Jangan khawatir karena para notaris ini juga berada dalam pengawasan Majelis Pengawasan Daerah. Jika ada pelanggaran kode etik maka bisa dilaporkan ke MPD notaris Jakarta Selatan.

Dari banyaknya referensi nama notaris Jakarta Selatan, kita juga bisa mencari notaris murah di Jakarta selatan. Tentu saja pengurusan akta ini berbiaya dan bisa disesuaikan juga dengan budget. Kita bisa mulai mencari notaris terdekat di Jakarta Selatan.

PPAT

PPAT atau Pejabat Pembuat Akta Tanah merupakan pejabat umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu seperti hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun.

Notaris menjalankan profesinya setelah diangkat oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. PPAT dipilih langsung oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN). PPAT terkait hukum tentang tanah, sedangkan notaris semuanya secara umum. 

Nah, sudah tahukan apa itu notaris dan PPAT serta fungsi dan kewajiban masing-masing. Jangan lupa selain notaris Jakarta Selatan, ada banyak daftar PPAT Jakarta Selatan juga bisa ditemukan di daerah ini. 

Penulis: Lyla Iswara