About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Pendaftaran Kerja Online, Perhatikan 7 Hal yang Harus Anda Lakukan

Pendaftaran Kerja

Office Now-Ketika Anda ingin memulai karir, terkadang ada rasa yang menegangkan. Ini sebagai akibat tidak adanya persiapan pendaftaran kerja. Sehingga proses rekrutmen dan interview sering membuat Anda canggung dan juga bingung.

7 Hal yang Dilakukan Saat Pendaftaran Kerja Online

Hal yang Harus Dilakukan Saat Pendaftaran Kerja Online

Perkembangan teknologi turut memudahkan manusia untuk menjalankan kebutuhannya sehari-hari. Terlebih sekarang untuk urusan melamar kerja cukup mudah. Anda tidak perlu lagi menyebar curriculum vitae melalui pos.

Melainkan bisa melamar lowongan kerja terdekat secara online. Meskipun mudah, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar pencarian kerja berjalan dengan lancar dan efektif. Pastikan Anda lakukan beberapa hal berikut ini:

Menyiapkan CV Terbaru

Beberapa platform penyedia lowongan kerja akan meminta Anda mengunggah CV selain mengisi profil yang sudah tersedia. Oleh karena itu, sebelum mencari pekerjaan secara online, ada baiknya menyiapkan CV terbaru Anda.

Akun Online Pendaftaran Kerja

Beberapa perusahaan dalam situsnya meminta Anda membuat akun online. Untuk itu, sebelum mempersiapkan lamaran pekerjaan buatlah akun terlebih dahulu pada platform pendaftaran kerja online. Untuk mendaftar atau membuat akun baru, Anda harus menyiapkan alamat email. 

Gunakan Keyword yang Sesuai

Ketika Anda memilih untuk melamar pekerjaan secara online, sebaiknya gunakan kata kunci yang sesuai dengan karir yang Anda lamar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan yang memasang lowongan kerja lulusan SMK menemukan Anda.

Sebaiknya memastikan mengoptimalkan berkas lamaran atau profil Anda. Memilih kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan atau keterampilan yang Anda tawarkan menjadi pilihan yang tepat.

Mengecek Situs

Anda harus memastikan situs perusahaan tersebut memang valid atau tidak. Ini akan membantu untuk menghindari lowongan kerja palsu. Apakah perusahaan tersebut memang benar-benar sesuai keinginan?

Anda bisa lakukan pengecekan pada visi dan misi perusahaan tersebut, cocok atau tidak dengan pekerjaan yang Anda cari. Serta bisa juga memastikan apakah lowongan pekerjaan tersebut benar ada atau tidak.

Sebab terkadang lowongan kerja langsung diterima, perusahaan tertentu tidak memasukkan lowongan di platform pencarian kerja. 

Menyiapkan Cover Letter

Ada tahapan yang harus dilewati ketika menggunakan pendaftaran kerja secara online. Salah satunya adalah melengkapi profil, setelah itu Anda bisa melamar lowongan kerja yang diinginkan dengan sekali klik. 

Namun, terlebih dahulu siapkan cover letter. Sebab, beberapa lowongan memberi kandidat untuk menyertakan cover letter. Anda bisa gunakan kesempatan ini untuk meyakinkan perusahaan bahwa Anda lebih unggul dan layak bekerja.

Mengikuti Instruksi

Pastikan Anda telah mengikuti instruksi yang tertera pada situs. Ini sangat penting agar tidak melewatkan tahapan-tahapan tertentu. 

Beberapa perusahaan terkadang hanya meminta mengisi profil. Namun, ada juga yang memberikan syarat tertentu. Bisa saja ada ketentuan bagi pelamar kerja untuk mengikuti tes tertentu sebagai bagian dari aplikasi.

Periksa Profil Media Sosial

Untuk memberikan penilaian pada perusahaan yang membuka lowongan kerja lulusan SMA, sebaiknya memperhatikan media sosial Anda. Meskipun kelihatannya hal yang sepele, namun tidak jarang perusahaan akan mencari tahu Anda dari media sosial.

Hal ini tentu saja untuk keperluan verifikasi aplikasi lamaran pekerjaan. Untuk menghindari hal yang merugikan, sebaiknya Anda mengatur privasi media sosial. Sebagai antisipasi agar pemberi kerja tidak mengakses informasi yang tidak ingin mereka lihat.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Pendaftaran Kerja

Hal yang Perlu Dihindari Saat Melakukan Pendaftaran Kerja

Setelah memahami apa yang harus disiapkan, berikut ada hal-hal yang harus Anda hindari saat melakukan pendaftaran kerja secara online. 

Malas Mengisi Data Pendaftaran Kerja

Bukan berarti melamar kerja secara online lebih mudah dan Anda melupakan hal-hal kecil. Melainkan harus teliti lagi, terutama saat mengisi data pribadi yang akan diperhatikan perusahaan yang akan mempekerjakan Anda.

Perhatikan kembali penulisan dan penggunaan huruf baik besar maupun kecil. Jangan karena kurang teliti, Anda kehilangan kesempatan untuk mencari kerja dan perusahaan menganggap tidak serius.

Terlalu Percaya Fitur

Beberapa orang percaya pada fitur yang memudahkan melamar pekerjaan. Padahal, fitur auto fill tidak sepenuhnya sempurna. Bisa saja pada bagian-bagian yang tidak sesuai dengan format yang diinginkan perusahaan. Untuk itu, sebaiknya Anda tetap melakukan pengecekan secara manual pada pendaftaran kerja secara online.

Profil Online Tidak Lengkap

Mungkin masih ada yang berpikiran sudah cukup mengunggah resume saja. Sehingga Anda tidak melengkapi profil online. Hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan. 

Profil berisi informasi yang menyeluruh akan membuat Anda menonjol dari kandidat lainnya. Juga akan menunjukkan minat Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Perusahaan yang akan merekrut lowongan kerja online terbaru akan melewatkan kandidat yang tidak melengkapi profil. Hal Ini juga akan menghambat fitur Applicant Tracking System dari perusahaan penyedia lowongan kerja.

Melamar Lebih dari 1 Posisi 

Selama mengikuti proses pendaftaran kerja secara online tidak jarang pelamar akan tergiur beberapa lowongan di perusahaan yang sama. Untuk meningkatkan peluang sering menyangka cara tersebut sudah tepat.

Namun, justru sebaliknya dan akan menjadi bumerang untuk Anda. Kesan buruk akan melekat kepada Anda karena anggapan tidak mengetahui karir apa yang diinginkan. 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pendaftaran Kerja

Manfaat Menggunakan Aplikasi Pendaftaran Kerja

Selain menguntungkan untuk pencari kerja, aplikasi yang menyediakan lowongan kerja 2021 lulusan SMK juga memberikan keuntungan untuk perusahaan. Memanfaatkan perkembangan teknologi, perusahaan akan mudah untuk melakukan proses perekrutan karyawan.

Berikut beberapa keuntungan bagi perusahaan yang menggunakan sistem online untuk merekrut calon pekerja, antara lain:

Rekrutmen Lebih Efektif Menggunakan Pendaftaran Kerja Online

Untuk melakukan perekrutan terkadang memerlukan waktu yang lama. Jika menggunakan teknologi cloud, divisi HR bisa memudahkan memposting lowongan kerja kurir di platform. Prosesnya juga lebih cepat untuk menyaring kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Mudah Mengaksesnya

Kelebihan utama yang bisa perusahaan rasakan adalah kemudahan untuk mengakses datanya. Bisa di mana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet. Sehingga untuk proses tidak hanya bisa dilakukan di kantor.

Mengurangi Biaya Rekrutmen

Menggunakan rekrutmen online akan menghemat biaya dan bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Perusahaan tidak perlu lagi mempromosikan pendaftaran kerja.

Kandidat Terupdate

Keuntungan yang lain adalah mengefisienkan waktu untuk menginformasikan status aplikasi. Sistem secara otomatis akan melakukan update setiap kali ada perubahan status. 

Hal ini akan berpengaruh kepada peningkatan produktivitas Anda dalam bekerja. Apalagi untuk tim divisi HR yang pekerjaannya sangat beragam. Sebab 80 persen dari pencari kerja tidak tertarik kepada perusahaan yang tidak menginformasikan status lamaran kerjanya. 

Meningkatkan Kualitas Pelamar Kerja

Tujuan akhir dari proses rekrutmen adalah untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Menggunakan sistem online berbasis teknologi akan mewujudkan hal ini.

Sekaligus mengurangi pekerjaan administrasi serta bisa mendapatkan laporan yang terperinci. Hal ini akan mempermudah Anda dalam melakukan evaluasi kandidat apakah bisa berlanjut ke proses selanjutnya atau tidak.

Menggunakan sistem pendaftaran kerja secara online tidak hanya memudahkan para pencari kerja. Namun, juga menguntungkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pekerja yang kompeten.

Penulis: Lyla Iswara