About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Buat Website, Lakukan 8 Hal dan Simak Manfaatnya

Buat Website

Office Now – Di era serba online ini Anda bisa melihat semua bisnis membutuhkan dukungan website. Buat website untuk bisnis memiliki beberapa keuntungan, salah satunya bisnis akan terlihat lebih profesional. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan website agar mudah terhubung dengan calon pelanggan.

Anda bisa membuat website sendiri, namun tidak semua orang bisa memiliki kemampuan untuk melakukannya. Sehingga muncul opsi lain yaitu menggunakan agensi penyedia jasa pembuatan website.

Mengenal Buat Website

Mengenal Buat Website

Buat website memiliki pengertian kumpulan halaman web yang bisa diakses oleh publik dan memiliki keterkaitan yang berbagi satu nama domain. Website bisa Anda buat sendiri dan bisa dikelola oleh individu, kelompok, bisnis atau organisasi. Keberadaan website harus bisa mengakomodasi semua tujuan.

Secara kolektif semua website bisa diakses oleh publik dan membentuk suatu kesatuan bernama World Wide Web. Melihat dari sejarahnya, website muncul pertama kali pada tahun 1990. Tim dari Berners- Lee yang bekerja di Dewan Eropa untuk Riset Nuklir.

Berselang tiga tahun kemudian, cern mengeluarkan pengumuman bahwa setiap orang bisa mengakses menggunakan www secara cuma-cuma.

8 Langkah Buat Website Gratis

8 Langkah Buat Website Gratis

Pada dasarnya cara buat website gratis bisa Anda wujudkan, namun harus memiliki pengetahuan untuk melakukannya. Untuk membuat Website sebenarnya caranya cukup mudah dan bisa Anda lakukan dalam waktu kurang dari 15 menit. Ikuti beberapa langkah untuk membuat web pertama, berikut ini:

Pilih Nama Domain

Langkah awal yang harus Anda lakukan ketika membuat yaitu memilih nama domain. Nama domain ini sendiri berfungsi sebagai nama merek yang nantinya dikenal serta ditemukan saat pengguna mengetik pada bilah mesin pencarian.

Baik itu nanti untuk cara membuat website di HP maupun melalui PC. Anda harus mencoba membuat beberapa nama domain. Banyaknya pemilihan nama domain berkaitan dengan resonansi topik utama pada situs web Anda nantinya.

Agar mudah memahami, simak beberapa manfaat domain antara lain:

  • Domain berfungsi sebagai identitas online.
  • Selain itu, domain akan membangun personal branding yang unik dan mudah mengingatnya.
  • Selanjutnya, domain bisa berfungsi sebagai alamat email profesional.
  • Manfaat terakhir adalah membangun brand awareness terhadap bisnis yang sedang anda kelola.

Mendaftarkan Nama Domain

Setelah memilih nama, selanjutnya Anda harus mendaftarkan nama yang telah terpilih.

Penyedia Layanan Hosting

Langkah selanjutnya pada cara buat website gratis lewat HP yaitu menemukan layanan hosting yang tepat. Simak beberapa manfaat utama dari hosting dalam website meliputi:

  • Hosting merupakan tempat penyimpanan data yang ada dalam web, sehingga Anda tidak akan khawatir lagi kehilangan data.
  • Selain itu menggunakan hosting akan membuat web selalu online dan cepat mengakses.
  • Web yang Anda kelola akan mudah dalam hal pencariannya.
  • Melainkan juga web akan aman dari Malware maupun hacker.
  • Menggunakan hosting bisa melakukan pembaruan dan backup secara otomatis.

Koneksi Nama Domain

Cara buat website selanjutnya adalah menghubungkan nama domain ke web hosting. Ketika Anda telah memilih penyedia hosting yang menawarkan nama domain, maka bisa melewati langkah ini. Sebab, sebagian layanan hosting sudah menyediakan langkah ini dalam paket layanannya.

Install WordPress

Seperti cara membuat website dari nol, selanjutnya Anda bisa menginstal perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengelola situs web. Ketika ingin memulai membuat bisnis online atau e-commerce WordPress merupakan pilihan  tepat karena bisa membantu Anda menjalankan situs web.

Anda bisa memilih WordPress yang gratis maupun yang berbayar.

Memilih Tema

Anda bisa memilih banyak tema gratis maupun premium yang sudah tersedia khusus untuk WordPress. Hal ini memungkinkan Anda memiliki desain yang sesuai dengan fungsi.

Tema gratis pun telah menyediakan tingkat desa yang fungsionalitas dengan tema premium sehingga terlihat lebih profesional. Hal ini akan memberi Anda banyak fleksibilitas untuk menyesuaikan situs web.

Konfigurasi Website

Sedangkan langkah untuk konfigurasi web sendiri akan memberikan pengalaman yang terbaik bagi pengunjung web. Sehingga Anda perlu merancang navigasi yang akan mempermudah pengunjung untuk mengetahui situs web. Akses yang mudah merupakan bagian penting dari sebuah web.

Isi Website Menggunakan Konten

Cara membuat website gratis di Google selanjutnya dengan mengisi konten. Anda bisa membuat konten yang menarik mulai dari artikel, review, informasi perusahaan dan produk yang akan Anda jual pada web.

Tips Memilih Jasa Buat Website

Tips Memilih Jasa Buat Website

Jika anda merasa kesulitan untuk membuat web sendiri maka bisa memilih jasa buat website. Agar tidak salah pilih dan menyesal, ada baiknya mengikuti beberapa tips dalam memilih penyedia jasa, antara lain:

Cari Tahu Profil

Tips pertama yang bisa anda lakukan yaitu menceritakan profil pembuat web saat mencari penyedia jasa. Ada baiknya ini yang harus Anda amati pertama kali. Lalu bagaimana caranya? 

Anda bisa melihat visi dan misi dari perusahaan tersebut serta siapa yang bertanggung jawab. Anda juga akan mendapatkan informasi lain berupa kontak atau alamat yang tertera di company profile. Selain itu, Anda juga harus memastikan tim dibalik layar pembuatan web adalah orang-orang yang kompeten.

Sehingga cara membuat website profesional bisa terwujud melalui jasa yang Anda pilih. 

Amati Portofolio

Tidak harus melakukan wawancara khusus untuk mengetahui bagaimana hasil karya dari penyedia jasa. Profesional atau tidak, Anda bisa menilainya dari tampilan portofolio pada situs resmi yang tersedia setelah melihat hasil karyanya. Anda bisa mengetahui apakah agensi tersebut sesuai atau tidak dengan kebutuhan.

Pada portofolio Anda juga bisa melihat informasi tim yang terlibat Apakah ada sertifikat keahlian atau hal lain seperti afiliasi yang dilakukan dengan perusahaan besar lain. Hal ini menjadi kunci saat buat website.

Kredibilitas

Penyedia jasa harus mampu menunjukkan kredibilitasnya. Misalnya Anda bisa melihat apakah perusahaan tersebut telah berbadan hukum. Salah satu bukti jika penyedia jasa tersebut kredibel adalah memiliki badan hukum. 

Agensi yang besar akan memiliki kecenderungan mendominasi di berbagai model bisnis. Hal ini dipengaruhi oleh kredibilitas perusahaan yang telah lama membangun kualitas di hadapan konsumen.

Jika anda menemui penyedia jasa yang memiliki kualitas tersebut, lebih baik memilihnya untuk membuat web. Anda juga tidak bisa menutup mata bagi agency yang sifatnya independen. Ada juga independen yang memiliki kualitas bagus tetapi kadang memiliki kendala saat harus menghubungi.

Testimoni

Penyedia jasa pembuatan web akan menyertakan demo dan hasil karya pada laman webnya. Anda bisa melihat kinerja melalui demo tersebut. Selain itu, Anda bisa melihat testimoni dari Beberapa pelanggan sebelumnya.

Anda perlu membaca review dari konsumen dari penyedia jasa sebagai bahan pertimbangan. Sehingga nantinya Anda bisa menemukan penyedia jasa yang benar-benar tepat.

Mengingat pentingnya sebuah web, Anda harus memperhatikan hal apa saja dalam tahapan buat website. Jika tidak bisa membuat web sendiri, Anda bisa memanfaatkan penyedia jasa untuk membantu mewujudkan web yang sesuai.