Biaya Akta Notaris CV, Simak Juga Fungsi dan Syaratnya

Biaya Akta Notaris CV
, ,

Office Now – Untuk mendirikan sebuah perusahaan, Anda juga harus memikirkan badan hukum yang sesuai. Anda juga harus memikirkan biaya akta notaris CV sebagai bagian dari tahapan mendirikan badan hukum. Kenali juga fungsi dari akta sehingga bisa menguntungkan bagi pemilik bisnis.

Biaya Akta Notaris CV: Apa Pengertian Dari Akta 

Biaya Akta Notaris CV: Apa Pengertian Dari Akta

Akta pendirian merupakan dokumen yang telah mendapatkan pengesahan oleh notaris untuk mendirikan perusahaan. Bentuk dan biaya akta notaris CV akan menunjukkan legalitas dari sebuah perusahaan di mata hukum. Selain itu, akta juga membuktikan pengusaha dalam kepemilikan usaha.

Biaya pembuatan akta notaris lembaga memiliki persyaratan berbeda. Namun, untuk tarif notaris tidak terdapat perbedaan yang jauh. Sebelum membahas masalah biaya, Anda juga harus memahami pengertian dari akta notaris.

Isi dari akta notaris harus mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham. Sehingga bisa mendapatkan status badan hukum. 

Pentingnya Mengetahui Biaya Akta Notaris CV

Pentingnya Mengetahui Biaya Akta Notaris CV

Alasan utama memahami biaya pembuatan CV 2021, yaitu agar pemilik usaha bisa menyiapkan semua persyaratan dengan benar. Fungsi biaya akta notaris CV dalam hal ini, salah satunya adalah untuk kelengkapan mengurus perizinan lain. 

Simak alasan utama mengapa Anda perlu mengetahui biaya akta notaris CV dan kegunaannya, sebagai berikut:

Biaya Akta Notaris CV Akan Memberikan Citra Baik

Persekutuan Komanditer yang memiliki citra dan nama baik akan menguntungkan di mata perusahaan lain. Selain itu, pemilik bisnis akan mampu memberikan kesan keprofesionalan sebuah CV sehingga bisa dipercaya. Perusahaan lain tidak akan ragu lagi untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda.

Patuh Terhadap Peraturan

Memiliki akta notaris pendirian Persekutuan Komanditer sekaligus menegaskan bahwa Anda menaati peraturan yang berlaku. Tidak hanya menaati semua regulasi, melainkan juga pemilik usaha bisa mengembangkan bisnis secara luas. Anda juga bisa melakukan inovasi bisnis.

Peluang Baru

Anda yang bergerak di bidang jasa konstruksi bisa mencari tahu biaya pembuatan CV kontraktor dan persyaratannya. Peluang kerjasama baru akan terbuka karena memiliki akta Persekutuan Komanditer juga mendatangkan investor. 

Masalah kepercayaan penting untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, biaya pembuatan CV online dan persyaratannya menjadi perhatian utama.

Dasar Hukum dan Kewenangan Biaya Akta Notaris CV

Dasar Hukum dan Kewenangan Biaya Akta Notaris CV

Untuk menjamin dan mengatur biaya akta notaris CV, Anda perlu mengetahui dasar hukumnya. Dasar hukum pertama ada pada Undang-Undang nomor 40 Tahun 2007. 

Pada pasal 48 ayat 2 mengatur kewajiban perusahaan untuk menyatakan akta pendirian. Selain itu, dalam akta wajib menerangkan pembagian saham dan keuntungan para pendirinya.

Akta perusahaan hanya bisa dikeluarkan dan disusun oleh notaris. Dasar hukumnya ada pada Undang-Undang nomor 30 tahun 2004. Pada pasal 1 menerangkan bahwa notaris merupakan pejabat umum yang memiliki kewenangan untuk membuat akta otentik.

Biaya akta notaris CV berkisar antara Rp3 juta untuk paket hemat. Paket lengkap untuk biaya pembuatan akta notaris yayasan mulai harga Rp5 juta. Sedangkan paket lengkap harganya Rp7 juta.

Biaya Akta Notaris CV: Isi Akta dan Tahapan Membuatnya

Selain masalah biaya, Anda juga harus mengetahui isi akta dan tahapan membuatnya. 

Isi Akta Perusahaan

Isi akta pendirian Persekutuan Komanditer harus mencantumkan beberapa informasi, antara lain:

Nama CV

Akta pendirian Persekutuan Komanditer juga berfungsi sebagai identitas, sehingga selalu ada keterangan nama dari perusahaan.

Tempat Kedudukan

Keterangan selanjutnya yang ada dalam akta notaris yaitu tempat kedudukan resmi perusahaan. Pada keterangan ini berisi alamat dari Persekutuan Komanditer.

Bidang Usaha

Selanjutnya, pemilik usaha juga harus menentukan bidang usaha yang akan dijalankan. Sehingga bidang usaha ini juga akan tercantum dalam isi akta perusahaan.

Tujuan Didirikannya Perusahaan

Untuk tujuan dari berdirinya sebuah Persekutuan Komanditer juga harus tercantum karena akan berhubungan dengan pengurusan izin. Untuk mengajukan izin usaha, baik SIUP atau izin khusus lainnya memerlukan bidang usaha.

Modal

Permodalan juga menjadi aspek penting dalam biaya pembuatan CV di Palembang. Adanya permodalan yang jelas akan membantu para pihak mengenai hak dan kewajiban serta pembagian keuntungan nantinya. 

Sistem Kepengurusan 

Dalam sebuah kepengurusan Persekutuan Komanditer akan terdapat dua pihak, yaitu sekutu aktif dan pasif. Kewenangan yang ada serta hak dan kewajiban akan berbeda pada masing-masing pihak. 

Persyaratan Untuk Membuat Akta Notaris

Mendirikan sebuah Persekutuan Komanditer memerlukan akta dari notaris. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyiapkan biaya akta notaris CV serta persyaratannya, yaitu:

  • Sertakan fotokopi data diri berupa KTP dari para komisaris atau persero pasif.
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak dari direktur dan komisaris.
  • Siapkan juga nama Persekutuan Komanditer. Gunakan dua suku kata berbahasa Indonesia untuk pemilihan nama CV Anda. 
  • Sertakan penjelasan mengenai bidang usaha yang akan Anda jalankan.
  • Siapkan juga pas foto berukuran 3X4.

Proses Pembuatan Akta Pendirian CV

Beberapa tahapan ini akan menjelaskan bagaimana pembuatan akta pendirian dan biaya pembuatan CV 2020, yaitu:

  1. Datangi notaris yang Anda pilih untuk mengurus pembuatan akta CV dan serahkan semua dokumen yang diperlukan. 
  2. Langkah selanjutnya, notaris akan melakukan pengecekan nama. Lalu, notaris akan mengecek ketersediaan nama terlebih dahulu sebelum melanjutkan prosesnya.
  3. Ketika nama yang Anda ajukan bisa digunakan, maka notaris bisa langsung menyusun draft akta untuk Persekutuan Komanditer.
  4. Setelah penyusunan draft selesai, maka pemilik bisnis bisa melakukan pengecekan. Jika ada yang perlu direvisi, maka notaris akan melakukan perbaikan.
  5. Ketika sudah cocok dan kebenaran sudah dilakukan pengecekan, maka akta bisa Anda tanda tangani. Penandatanganan harus dilakukan di depan notaris oleh direktur dan komisaris. Namun, jika salah satu pihak berhalangan hadir, maka bisa menunjuk kuasa untuk menggantikannya.
  6. Notaris akan membuat salinan akta. Setelah itu, barulah mendaftarkannya pada Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga akta sah secara hukum dan Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar.

Perubahan Biaya Akta Notaris CV

Dalam sebuah akta notaris Perusahaan Komanditer bisa terjadi perubahan. Perubahan biaya pembuatan CV di Bandung terjadi sebagai akibat dari dinamika perusahaan. 

Maka sering terjadi perubahan pada anggaran dasar, sehingga akta perusahaan juga perlu adanya perubahan. Jika perubahan pada akta pendirian bentuk badan usaha PT, maka perlu adanya Rapat Umum Pemegang Saham.

Sedangkan pada Persekutuan Komanditer tidak perlu memerlukan waktu lama. Masing-masing sekutu bisa melakukan rapat untuk mencapai kesepakatan. 

Perubahan akta melalui notaris dengan menyusun akta baru bisa disebut akta perubahan. Oleh karena itu, akta perusahaan yang pertama kali bernama akta pendirian.

Beberapa perubahan yang mungkin terjadi, antara lain pada:

  • Perubahan nama dari Persekutuan Komanditer.
  • Adanya perubahan domisili dari CV.
  • Selanjutnya, bisa terjadi perubahan pada maksud dan tujuan dari CV. Adanya penambahan maupun pengurangan bidang usaha juga termasuk dalam perubahan.
  • Perubahan jabatan untuk direksi dan komisaris juga harus tercantum dalam perubahan akta.

Biaya akta notaris CV bisa saja berbeda tergantung paket yang akan Anda pilih pada penyedia jasa. Penuhi persyaratan untuk melakukan penyusunan akta pendirian perusahaan.

Posted in Blog

Rabu Apr 27 9:15 am

Tidak ada Komentar