Biaya Pembuatan TDP Hilang? Kemudahan Untuk Berwiraswasta

Biaya Pembuatan TDP

OfficeNow – Langkah terakhir untuk menetapkan legalitas suatu badan usaha adalah memiliki Tanda Daftar Perusahaan atau yang disingkat sebagai TDP. Banyak yang banyak yang kemudian bertanya apakah ada biaya pembuatan TDP? Pada prinsipnya tentu saja tidak.

Namun dalam perjalanannya perjalanannya ada beberapa biaya yang harus dibayarkan untuk pelaku usaha mendapatkan Tanda Daftar Perusahaan biasanya biaya untuk membentuk biaya pembuatan Notaris dan lain sebagainya .

Pemerintah mendukung pembentukan usaha baru agar sektor ekonomi lebih berkembang lagi sehingga tidak ada biaya pembuatan TDP dan SIUP. Kendati demikian pada perjalanannya terdapat beberapa hal yang mungkin Anda harus rapi dan membutuhkan biaya tertentu.

Mengenal Apa yang Disebut dengan Biaya Pembuatan TDP

Mengenal Apa yang Disebut dengan Biaya Pembuatan TDP

Tidak ada biaya pembuatan TDP pada peraturan yang terbaru. Namun bukan berarti surat izin ini patut diremehkan karena bukan itu yang menjadi faktor Apakah penting atau tidak. Pemerintah membuka akses untuk kemudahan usaha sehingga segala sesuatu hal yang berhubungan dengan uang dihilangkan .

TDP atau tanda daftar perusahaan merupakan suatu surat pengesahan yang diberikan oleh kantor pendaftaran perusahaan kepada suatu badan usaha yang telah melakukan proses pendaftaran perusahaan.

Pendaftaran perusahaan ini pada pemerintah kota Kabupaten setempat Di mana perusahaan tersebut berdomisili. Berkas TDP merupakan surat izin terakhir yang harus tersedia oleh seorang pengusaha sebab sebelumnya ada beberapa izin penting yang harus disiapkan.

Tersebut adalah akta pendirian perusahaan Nomor Pokok Wajib Pajak serta izin-izin usaha yang lain seperti surat izin usaha perdagangan. Tanda daftar perusahaan ini memiliki jangka waktu tertentu yaitu selama 5 tahun sejak tanggal efektifnya dan pengusaha wajib melakukan pembaruan dengan catatan usahanya masih terlaksana.

Perubahan Pada Tanda Daftar Perusahaan

Tanda daftar perusahaan dapat berubah dengan catatan berikut ini

  1. Adanya pengalihan kepemilikan atau kepengurusan perusahaan kepada pihak lain yang berbeda dari akta pendirian perusahaan
  2. Perusahaan mengalami perubahan nama sehingga berbeda daripada yang ada di akta pendirian
  3. Pada perusahaan dengan badan usaha perusahaan terbatas terjadi perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya

 Status perusahaan pun berubah meliputi bentuk serta badan usahanya

  1.  Adanya perubahan pada alamat perusahaan dan domisilinya
  2.  Perusahaan mengubah kegiatan usaha pokoknya

Suatu badan usaha juga dapat mengalami peristiwa kehilangan tanda daftar perusahaan atau TDP oleh karenanya dapat mengajukan ulang kembali sebagai penggantian. Serta tidak ada biaya pembuatan TDP pengganti.

 Status perusahaan pun berubah meliputi bentuk serta badan usahanya

  1. Perusahaan mengalami perubahan bentuk dan status
  2.  Perusahaan mengalami pembubaran oleh karena kesepakatan bersama
  3.  Adanya pengertian kegiatan usaha perusahaan karena sebab apa pun
  4. Karena Akta pendiriannya kadaluwarsa atau telah mengalami masa aktif maka perusahaan berhenti karena tidak memperpanjang legalisasi tersebut
  5. Pengadilan Negeri menghentikan kegiatan suatu usaha

Persyaratan penggantian permohonan ini harus harus dengan melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat. Jika penyebabnya adalah surat TDP tersebut rusak dan tidak dapat terbaca maka harus melampirkan berkas yang asli.

Fungsi Tanda daftar Perusahaan pada Biaya Pembuatan TDP

TDP memiliki fungsi bahwa suatu perusahaan sudah Menjalankan berbagai ketentuan pemerintah dan berfungsi sebagai tanda legalitasnya. Jika suatu badan usaha tidak memiliki tanda daftar perusahaan maka pihak yang berwajib dapat sewaktu-waktu menghentikan semua usahanya.  karena akan telah melanggar hukum.

Syarat Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan

Syarat Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan

Agar dapat  Mengajukan pembuatan tanda daftar perusahaan, Maka Perusahaan harus melengkapi beberapa dokumen sebagai pemenuhan persyaratannya juga tidak ada biaya pembuatan SIUP, TDP, dan HO.

Bagi badan usaha yang berbentuk berbentuk Perseroan Terbatas

Dokumen persyaratan pendaftaran Tanda Pendaftaran Perusahaan untuk PT adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan PT
  2. Fotokopi Akta Perubahan Pendirian Perseroan apabila telah mengalami perubahan. Jika tidak abaikan.
  3. SK Pengesahan Pendirian Perusahaan Terbatas sebagai badan hukum dari Kemenkumham
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk untuk yang berwarga negara Indonesia atau paspor bagi yang berwarga negara asing yang berupa pemilik, pengurus, atau penanggungjawab perusahaan
  5. Salinani Izin Usaha atau Surat Keterangan SIUP
  6. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan
  7. Copy NPWP pemilik dan pengurus perusahaan
  8. Formulir pengajuan yang telah bertanda tangan direktur lengkap dengan materi Rp10.000
  9. Dokumen perusahaan tentang ketenagakerjaan
  10. Berkas tentang kapasitas usaha
  11. Daftar perlengkapan dan peralatan yang ada

Badan Usaha berbentuk CV

Badan Usaha berbentuk CV

CU pun harus memiliki Tanda Daftar Perusahaan untuk melengkapi semua perizinannya. Adapun dokumen yang harus lengkap adalah:

  1. Fotokopi Akta Pendirian badan usaha berbentuk CV
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk pemilik, dan pengurus baik yang merupakan sekutu aktif dan sekutu pasif;
  3. Laporan Neraca Awal keuangan CV
  4. Fotokopi izin usaha atau surat keterangan SIUP
  5. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak; CV
  6. Copy NPWP sekutu aktif dan pasif
  7. Formulir pengajuan yang telah bertanda tangan sekutu aktif lengkap dengan materi Rp10.000
  8. Dokumen CV tentang ketenagakerjaan
  9. Berkas tentang kapasitas usaha CV
  10. Daftar perlengkapan dan peralatan yang dipergunakan saat ada pekerjaan.

Prosedur Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan

Pembuatan TDP dapat pelaku usaha lakukan di tempat atau secara online.Oleh karena itu tidak ada biaya pembuatan SIUP  dan TDP di Bandung Atau di mana pun juga karena Pelaku usaha dapat mengaksesnya secara online dan mengajukan permohonan nya tanpa harus mengunjungi kantor fisik dinas penanaman modal dan usaha terpadu.

  1. Jika Anda memutuskan untuk mengajukan yang secara online maka kunjungilah situs kantor dinas penanaman modal dan usaha terpadu kemudian Isilah semua formulir pengajuan dengan lengkap. Unggah semua dokumen yang masuk ke dalam ketentuan
  2. Selanjutnya akan verifikasikan berkas administrasi dari semua dokumen yang telah Anda kumpulkan
  3. Kemudian sistem akan validasi Apakah seluruh Dokumen itu sesuai dengan kegiatan produksi dan usaha yang ada pada lapangan
  4. Selanjutnya pihak dinas PKP akan mensurvei lokasi tempat domisili perusahaan Anda bergerak untuk melihat apakah memang sudah sesuai dengan pengajuannya. Beberapa item yang akan petugas periksa adalah meliputi domisili perusahaan. Kemudian kelengkapan operasional pendukung termasuk di dalamnya adalah alat-alat berat dan perkakas kemudian alat kerja bangunan dan kendaraan operasional. Anda wajib untuk mengajukan bukti untuk pada semua item yang akan petugas lakukan pengecekan tersebut.

Jika ada pemeriksaan untuk mengajukan hal yang sama di daerah Tangerang berlaku hal yang sama yaitu  tidak ada biaya pembuatan SIUJK  dan TDP di Tangerang. Pasalnya seluruh peraturan yang berlaku secara nasional.

Hal ini terjadi karena pemerintah mendukung pergerakan sektor ekonomi yang hampir tidak ada ketika pandemen menyerang. Dengan demikian banyak perusahaan yang beroperasi dan akhirnya roda ekonomi pun akan menjadi lebih baik.

Dengan hilangnya biaya TDP maka perusahaan dapat lebih menekan modal usaha mengalihkannya pada pengembangan produk serta kegiatan perusahaan. Selanjutnya dapat membuka usaha agar angka pengangguran dapat tertekan.

Posted in Blog

Minggu Mei 01 9:46 am

Tidak ada Komentar