Cara Membuat CV Perusahaan Online yang Gampang

Cara Membuat CV Perusahaan Online
, ,

Office Now – Sekarang ini, cara membuat CV perusahaan online terhitung mudah dari pada harus mengajukan melalui pengadilan negeri yang tentunya membutuhkan proses yang panjang.

Sejak 2018, pemerintah telah memfasilitasi pembuatan CV perusahaan online gratis yang tentunya lebih praktis dan alurnya mudah masyarakat pahami.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi pengusaha yang memiliki keterbatasan modal, tetapi tetap menginginkan badan usaha milik mereka terdaftar.

Sebab bila telah terjun dalam dunia bisnis, legalitas dalam operasional badan usaha menjadi wajib memilikinya, agar memudahkan dalam mengoperasikannya.

Selain itu, jika penamaan CV sudah terdaftar maka akan menaikkan tingkat kepercayaan para mitra atau calon mitra yang akan bergabung.

Apa Kelebihan Membuat CV Perusahaan Online

Cara Membuat CV Online
Cara Membuat CV Online

Sebenarnya mendirikan perusahaan atau badan usaha, tidak hanya berbentuk CV atau Commanditaire Vennotschaaps, tapi bisa juga Perseroan Terbatas (PT).

Namun, mendirikan CV memiliki beberapa manfaat atau kelebihan bila dengan PT, karena lebih mudah.

Berikut beberapa kelebihan daftar CV online gratis, antara lain:

Modal usaha tidak terlalu besar

Tidak seperti PT, modal yang beroperasi pada CV tidak besar, pengusaha dengan modal terbatas sangat tepat bila memilih badan usaha jenis ini.

Sedangkan untuk pengajuan CV, tidak ada modal minimun yang pemerintah tetapkan, sehingga pemula berpeluang besar bisa daftar CV perusahaan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Apalagi sekarang ini, cara membuat CV perusahaan online sangat dimudahkan, dan sangat pas bagi yang memiliki keterbatasan modal

Persyaratan lebih mudah

Salah satu yang menguntungkan yakni, persyaratan yang harus pendiri ajukan untuk membangun CV cukup mudah dan sangat membantu sekali bila dengan PT.

Selain persyaratan yang sedikit, juga untuk pemilihan nama CV bisa lebih mudah dan bebas.

Status Kepemilikan dan Operasional

Salah satu kelebihan membuat CV perusahaan online, yaitu minimal ada dua orang yang tergabung, terdiri dari persero aktif dan persero pasif.

Persero aktif bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan CV dan bertanggung jawab dengan seluruh jalannya perusahaan

Sedangkan persero pasif hanya bertugas menanamkan modal tanpa ikut serta dalam menjalankan perusahaan sebagaimana persero aktif.

Apa Saja Persyaratan Cara Membuat CV Perusahaan Online

 Cara Membuat CV Online
Cara Membuat CV Online

Pengajuan cara membuat CV perusahaan online ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi terlebih dahulu.

Agar nantinya saat pendaftaran, dokumen sudah lengkap semua sehingga Anda tinggal menginputnya saja.

Persyaratan tersebut, antara lain:

  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) terbaru dan Kartu Keluarga.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Persero aktif dan pasif terbaru.
  • Foto kopi surat kontrak atau sewa kantor, bila bangunan tersebut masih menyewa.
  • Foto kopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tempat usaha
  • Bukti bayar PBB tempat usaha.
  • Foto kantor yang tampak dari luar dan juga di dalam.
  • Kantor perusahaan berada di kawasan perkantoran atau komersial.
  • Kantor juga bisa di kawasan zona campuran.

Bagaimana Cara Membuat CV Perusahaan Online

Cara Membuat CV Perusahaan Online, Inilah Prosedurnya

Setelah mengetahui pengertian, kelebihan, dan persyaratan membuat CV perusahaan online, maka sekarang kita akan mempelajari cara membuatnya.

Cara membuat CV perusahaan online, antara lain:

  • Buka laman AHU online Pertama kali yang harus Anda lakukan untuk mendaftar CV perusahaan online dengan membuka laman https://ahu.go.id/ pada browser terlebih dahulu.
  • Setelah itu, klik menu ‘Sistem Administrasi Badan Usaha’ dan masuk ke form login.
  • Saat menu login, Anda akan diarahkan untuk memasukan username dan password.
  • Untuk login notaris gunakan username dan password yang sama sebagaimana digunakan dalam aplikasi SABU.
  • Kemudian klik tombol masuk dan Anda akan dihadapkan pada halaman beranda aplikasi.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengajukan nama persekutuan komanditer (CV) dengan mengklik menu CV kemudian klik ‘pengajuan nama’.

Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman menu ‘daftar CV di Indonesia untuk pengajuan nama.

kemudian Anda akan mengarah ke halaman daftar tersebut, maka akan tampil nama-nama yang mirip dan Anda bisa mengklik nama CV.

Ada beberapa informasi yang harus Notaris lengkapi sebagai langkah berikutnya cara membuat CV perusahaan online, antara lain:

  • Memasukkan nama pemohon atau pemilik usaha.
  • Email dan nomer pemilik usaha.
  • Alamat lengkap, mulai dari keterangan jalan, rt, kecamatan, kabupaten atau kota, provinsi, dan juga kode pos.

Setelah semua dokumen lengkap, maka langkah selanjutnya adalah mengisi pengajuan nama.

Pada langkah ini, Anda akan mengisi kolom nama CV tanpa awalan kemudian memasukkan singkatan CV perusahaan.

Lalu klik tombol pencarian pada laman cek AHU online CV, maka akan muncul beberapa nama yang mirip.

Bila nama yang Anda pakai sudah ada pemiliknya, Anda harus membatalkannya dengan klik batalkan,

Akan tetapi jika belum ada yang menggunakan, maka Anda bisa klik ajukan nama.  Selanjutnya halaman pratinjau akan muncul untuk melakukan pengecekkan.

Lalu bila semuanya sudah sesuai Anda bisa langsung klik ‘Ajukan Nama’ dan Anda pun akan mendapatkan nomer pengajuan nama.

Pendaftaran CV Perusahaan Online

Setelah ‘pengajuan nama’ diajukan, Anda bisa langsung mendaftarkan diri sebagai kelanjutan dari cara membuat CV perusahaan online.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lalui, antara lain:

  • Klik menu CV kemudian pilih menu pendaftaran.
  • Klik pendaftaran CV dan masukkan nomer pengajuan nama dan klik tombol lanjut.
  • Akan muncul halaman pop up yang berisi konfirmasi mengenai nama yang dimasukkan.
  • Jangan lupa klik checkbox ‘centang untuk melanjutkan’, setelah itu klik lanjut.
  • Anda akan masuk ke halaman form daftar CV perusahaan.

Setelah masuk ke halaman form pendaftaran, Anda harus mengisi formulir dengan lengkap dan sebenar-benarnya.

Butuh ketelitian dan kesabaran untuk melengkapi form tersebut, oleh karena itu sebaiknya Anda tidak dalam keadaan tergesa-gesa.

Mengingat banyaknya halaman pop up  yang harus Anda isi dan lengkapi, yaitu  data CV, alamat CV, akta notaris, dan modal.

Selain itu ada juga form pendiri, pengurus, dan pemilik manfaat CV yang harus lengkap dengan data yang sebenar-benarnya.

Dalam aplikasi AHU oline CV, Anda tak perlu khawatir, karena step by step nya sangat mudah untuk diikuti dan dimengerti.

Namun, bila masih kesulitan Anda bisa meminta bantuan pihak notaris untuk mengurus cara menbuat CV perusahaan milik Anda.

Kemudahan dalam membangun sebuah perusahaan berbasis persekutuan komanditer, membuka peluang seluas-luasnya membuka peluang usaha.

Sehingga tercipta pula peluang lapangan kerja yang luas sehingga bisa menekan angka pengangguran di Indonesia.

Hal tersebut tentunya akan berdampak baik bagi kondisi perekonomian bangsa Indonesia, agar semakin tumbuh lebih baik.

Oleh karena itu, bila Anda memiliki usaha yang mempunyai prospek bagus, jangan ragu untuk mendaftarkan usaha Anda agar memiliki legalitas.

Apalagi bila mengetahui cara membuat CV perusahaan online termasuk gampang, pastinya usaha Anda akan semakin maju dan berkembang.

Posted in Blog

Jumat Nov 04 3:00 am

Tidak ada Komentar