Jasa Urus STNK: 5 Manfaat Sekaligus Tips Memilih Vendornya

, , , ,

Office Now – Jasa urus STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah mengurus pembuatan dokumen kendaaran bermotor tersebut. Anda bisa menggunakan jasa ini untuk membuat STNK baru atau mengganti yang kebetulan hilang.

Menurut seorang nara sumber terpercaya, status keberadaan biro jasa urus STNK ini sebenarnya tidaklah sama dengan calo. Hal ini tentunya dengan syarat biro jasa tersebut mempunyai izin menjalankan usaha yang lengkap, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Definisi dan Fungsi STNK

Sebagian besar dari Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah STNK. Surat Tanda Nomor Kendaraan ini merupakan bukti kepemilikan seseorang atas suatu kendaraan bermotor (mobil, sepeda motor atau lainnya) secara sah.

Proses penerbitan serta pengesahan STNK melibatkan tiga instansi, yakni kepolisian, dinas pendapatan provinsi serta PT Jasa Raharja, melalui kantor SAMSAT. Pada lembar STNK tersebut tercantum data-data kendaraan bermotor yang antara lain meliputi:  

  • Merk, tipe, dan warna kendaraan
  • Jenis kendaraan bermotor (sepeda motor atau mobil)
  • Tahun pembuatan dan tahun perakitan
  • Kapasitas silinder,
  • Jenis bahan bakar
  • Nomor polisi kendaraan, nomor rangka, serta nomor mesin
  • Dll

STNK ini wajib Anda bawa setiap kali berkendara. Pengendara yang tidak membawa STNK akan terancam mendapat sanksi kurungan maksimal dua bulan atau denda Rp500ribu. Hal ini tercantum dalam UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas serta Angkutan Jalan.

Mengingat hal ini, jika Anda mengalami permasalahan seputar STNK (hilang, rusak, atau habis masa berlakunya), Anda perlu untuk segera membereskannya. Jika tidak sempat mengurus sendiri, ada baiknya Anda segera menghubungi biro jasa urus STNK terdekat.

Persyaratan Mengurus STNK

Barangkali Anda sudah berniat untuk memanfaatkan layanan biro jasa urus STNK Jakarta atau daerah lainnya sesuai domisili Anda. Meski begitu, ada baiknya juga Anda tahu tentang syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengurus pembuatan surat kepemilikan kendaraan itu.

Mengutip dari sejumlah sumber, beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi untuk mengurus pembuatan STNK antara lain:

Membuat STNK Baru

Untuk melengkapi pengisian formulir pendaftaran STNK baru, Anda perlu menyertakan bukti cek fisik kendaraan bermotor yang bersangkutan. Hal ini berarti Anda harus membawa mobil atau sepeda motor  tersebut ke kantor SAMSAT untuk menjalani pengecekan.

Jika Anda menggunakan bantuan biro jasa untuk membuat STNK, maka tentunya pihak biro jasa itulah yang akan membawa kendaraan Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih jasa urus STNK Bandung atau daerah lain sesuai domisili Anda yang terpercaya.  

Dokumen yang perlu Anda siapkan adalah KTP, fotokopi faktur pembelian, serta BPKP. Jika status kendaraan itu masih kredit, maka Anda cukup menyertakan BPKP dalam bentuk fotokopi yang telah dilegalisir oleh kreditur.

Apabila Anda menggunakan jasa urus STNK Bogor atau kota lainnya sesuai domisili, Anda perlu membekali mereka dengan surat kuasa bermaterai.

Memperpanjang STNK

STNK mempunyai masa berlaku selama lima tahun. Untuk memperpanjangnya, Anda perlu membawa kendaraan tersebut kembali ke kantor SAMSAT agar petugas dapat melakukan pengecekan kondisi fisiknya.

Maka, sekali lagi, penting bagi Anda untuk memilih biro jasa urus STNK Surabaya atau wilayah lainnya yang terpercaya. Selain bukti cek fisik kendaraan tersebut, Anda juga perlu melengkapi formulir pendaftaran dengan kartu identitas serta STNK lama.  

Mengganti STNK yang Hilang

Untuk mengurus penggantian STNK yang hilang, umumnya Anda juga perlu membawa kendaraan ke kantor SAMSAT untuk menjalani cek fisik. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk menggunakan jasa urus STNK hilang.

Hasil cek fisik kendaraan itu nantinya perlu dilampirkan setelah Anda mengisi formulir pendaftaran. Selain itu, Anda menyiapkan beberapa berkas kelengkapan lain, yaitu:

  • Surat keterangan dari kantor polisi mengenai hilangnya STNK tersebut
  • Kartu identitas asli beserta satu lembar fotokopinya
  • BPKB asli serta fotokopinya atau fotokopi BPKP yang sudah dilegalisir jika status kendaraan masih kredit

Memperbarui STNK yang Rusak

Syarat memperbarui STNK yang rusak hampir mirip seperti mengganti STNK yang hilang. Bedanya, Anda tidak memerlukan surat keterangan kehilangan. Anda cukup melampirkan STNK lama yang telah rusak tersebut.

Manfaat Menggunakan Biro Jasa Urus STNK

Dengan menggunakan layanan biro jasa urus STNK hilang Surabaya atau daerah mana pun lainnya, Anda akan memperoleh sejumlah manfaat, yaitu:

Lebih praktis

Hal ini bisa dibilang merupakan alasan utama seseorang untuk memilih memanfaatkan layanan biro jasa. Selain untuk membuat STNK, ada pula biro yang menawarkan jasa mendirikan PT, CV, izin usaha atau KTP.

Tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi membuat sebagian besar orang enggan untuk mengurus sendiri masalah administrasi atau perizinan karena harus mengantre. Mereka menganggap waktu mengantre tersebut akan berdampak pada produktivitas mereka.

Dengan memanfaatkan jasa biro, Anda tak perlu repot-repot datang sendiri ke kantor terkait, dalam hal ini SAMSAT, untuk membuat STNK.

Lebih cepat

Tak dapat dipungkiri, koneksi kerap kali menjadi salah satu faktor yang mendukung kelancaran proses mengurus soal administrasi dan perizinan lainnya. Biro jasa yang berpengalaman tentunya memiliki sejumlah relasi di kantor dinas yang bersangkutan.

Dengan adanya koneksi ini, kemungkinan besar proses pembuatan STNK melalui biro akan bisa selesai lebih cepat ketimbang Anda mengurusnya sendiri.

Tips Memilih Biro Jasa Urus STNK

Sebelum menjatuhkan pilihan mengenai hal apa pun, Anda pasti harus melakukan sejumlah pengamatan agar tidak sampai kecewa karena salah pilih. Hal ini juga berlaku jika Anda hendak memilih biro jasa pembuatan STNK.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih biro jasa urus STNK Malang atau daerah mana pun di seluruh Indonesia antara lain:

Pastikan aspek legalitas usaha biro

Seperti sudah disebutkan pada awal artikel ini, sebuah biro wajib memiliki izin usaha yang lengkap agar tidak tergolong sebagai calo. Bila memungkinkan, sebaiknya Anda memilih biro yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pemeriksaan terkait seluk beluk dan sepak terjang biro tersebut. Selain itu, hal ini juga lebih praktis dan hemat mengingat pembuatan STNK mengharuskan Anda membawa kendaraan ke kantor SAMSAT.

Cari rekomendasi mengenai hasil kerja biro

Di era teknologi informasi dewasa ini, hampir semua kegiatan usaha memiliki website atau setidaknya media sosial pribadi. Melalui kanal-kanal tersebut, Anda bisa dengan mudah mempelajari testimoni pelanggan mengenai hasil kerja biro yang hendak Anda sewa.   

Pelajari paket layanan dan harga yang dipatok oleh biro

Kesesuaian harga dengan hasil layanan biro yang Anda dapatkan tentunya sangat penting. Selain itu, ada baiknya Anda memeriksa kemungkinan biro tersebut menawarkan jasa pembuatan surat izin lain, yang mungkin kelak Anda butuhkan.

Selain memanfaatkan biro jasa urus STNK, konon pembuatan surat bukti kepemilikan kendaraan ini bisa juga Anda lakukan secara online. Hal ini tentu akan makin memudahkan Anda untuk mengurus pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan tersebut.

Posted in Blog

Minggu Jan 30 6:42 am

Tidak ada Komentar