About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Perkantoran Jakarta Selatan Virtual, 4 Keuntungan dan Larangannya!

Perkantoran Jakarta Selatan

Office Now – Pandemi yang melanda dunia mengubah aspek kehidupan masyarakat termasuk dalam hal pekerjaan. Perkantoran Jakarta Selatan dengan konsep virtual banyak dipilih dan hadir sebagai solusi. Namun, tidak semua bidang usaha boleh mengadopsi konsep virtual ini. 

Semakin majunya teknologi juga mendorong perubahan pada tren bekerja di luar kantor. Bahkan di beberapa negara sudah tidak perlu memiliki kantor menjadi tren dan meningkat saat ini. 

Konsep kantor virtual ini mengakomodasi perusahaan di Jakarta Selatan tidak membutuhkan kantor dari segi operasional. Oleh karena itu, kantor virtual ini menjadi solusinya.

Pengertian Perkantoran Jakarta Selatan Konsep Virtual Office

Pengertian Perkantoran Jakarta Selatan Konsep Virtual Office

Virtual Office merupakan layanan yang menawarkan alamat kantor untuk menjalankan bisnis. Bisa ditarik kesimpulan bahwa pada kantor virtual ini fasilitas tidak berbeda jauh dengan konsep service office secara umum.

Fasilitas-fasilitas pada perkantoran Jakarta Selatan seperti voicemail, meeting room tetap ada. Perbedaannya utama terletak pada tidak adanya penyewaan ruangan fisik untuk konsep kantor virtual.

Pada kantor virtual ini para penyewa hanya bisa memiliki alamat kantor. Namun, tidak memiliki bangunan fisik dari kantor tersebut. Untuk keperluan perizinan perusahaan maupun pembentukan badan hukumnya, Anda bisa menggunakan alamat dari kantor yang menyediakan konsep virtual.

Layanan alamat kantor yang telah disediakan untuk perusahaan Anda akan membantu penanganan dokumen maupun paket. Termasuk di dalamnya juga ada layanan untuk telepon perusahaan Anda. Hal ini tentunya berbeda dengan jual kantor Jakarta Selatan.

Cara Kerja Perkantoran Jakarta Selatan Konsep Virtual

Cara Kerja Perkantoran Jakarta Selatan Konsep Virtual

Konsep kerja pada kantor virtual ini lebih banyak memanfaatkan teknologi. Sehingga cara kerjanya akan berlangsung seperti berikut ini:

Video Conference Perkantoran Jakarta Selatan

Pimpinan perusahaan akan menggunakan video conference untuk menjalankan perkantoran Jakarta Selatan tersebut. Cara ini mampu menjaga kontak dengan para pekerja. Selain itu, video conference juga berguna untuk melakukan rapat tim. 

Segala bentuk koordinasi untuk menjalankan fungsi kantor bisa dilakukan di mana saja. Waktu dan tempat juga akan lebih fleksibel untuk para pekerja yang terlibat.

Virtual Address

Konsep menarik dari virtual office yang selanjutnya, yaitu penggunaan virtual address. Meskipun tetap bisa mendapatkan alamat fisik, namun para pekerja tetap menggunakan surel untuk melakukan pekerjaannya.

Area Kerja Bersama

Untuk sewa kantor full furnished Jakarta Selatan tidak memerlukan kantor yang sangat lengkap. Penyedia sewa virtual office tetap menyediakan ruangan kecil saja untuk virtual office

Pemilik bisnis biasanya akan mengadakan pertemuan di perkantoran Jakarta Selatan. Selain itu, pemilik perusahaan juga bisa menggunakan meeting room untuk mengadakan rapat baik dengan klien maupun para pegawainya. 

Larangan Perkantoran Jakarta Selatan Konsep Virtual

Larangan Perkantoran Jakarta Selatan Konsep Virtual

Konsep perkantoran virtual ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan startup, desain, konsultan dan freelancer. Sebab, perusahaan yang bergerak di bidang ini tidak perlu setiap hari bertemu. Hanya beberapa waktu saja untuk bertemu dengan klien dan para pekerja. 

Anda bisa memilih konsep ini dengan melihat harga sewa ruang kantor di Jakarta Selatan. Lokasi yang banyak dipilih pemilik bisnis karena berada di zona yang potensial. 

Namun, Anda perlu mengetahui beberapa jenis usaha tidak boleh menggunakan virtual office. Simak beberapa jenis usaha berikut ini beserta penjelasannya.

Pariwisata

Jenis usaha pariwisata tidak bisa menggunakan konsep kantor virtual karena membutuhkan izin khusus. Tanda daftar usaha pariwisata memerlukan lokasi usaha sebagai syarat utama.

Untuk memperoleh tanda daftar ini, pelaku usaha harus memenuhi sebuah komitmen izin lokasi. Selain itu, pengusaha di bidang pariwisata juga harus menyiapkan izin gangguan dan bukti kepemilikan lokasi usaha. Untuk mengeluarkan izin, pihak kementerian akan melakukan pengecekan langsung.

Jasa Konstruksi

Bidang selanjutnya adalah usaha jasa konstruksi juga harus memenuhi izin khusus. Berdasarkan peraturan Undang-Undang Cipta Kerja pasal 52. Di dalam pasal menyebutkan bahwa jasa konstruksi wajib memiliki kemampuan menyediakan peralatan konstruksi.

Sedangkan alat konstruksi tidak ada yang berukuran kecil. Sehingga konsep perkantoran Jakarta Selatan virtual ini tidak bisa digunakan. 

E-Commerce

Untuk bisnis E-commerce bisa memilih perkantoran elit di Jakarta. Jenis usaha ini berkembang pesat karena memiliki prospek jangka panjang. Namun, e-commerce tidak bisa menggunakan virtual office

Hal ini sesuai dasar hukum, yaitu pasal 27 dari Peraturan Pemerintah nomor 80 tahun 2019. Isi pasalnya menjelaskan bahwa pelaku usaha di bidang e-commerce tidak wajib memiliki layanan pengaduan konsumen. Pada layanan pengaduan harus menyediakan alamat dan nomor kontak pengaduan.

Properti

Pada bidang jasa properti, pemilik usaha akan melakukan aktivitas jual beli maupun sewa menyewa. Perusahaan properti biasanya memiliki arus kas yang besar sehingga biasanya mendapatkan pemasukan kotor di atas Rp4.8 miliar.

Menurut aturan yang ada pada Undang-Undang PPh, perusahaan wajib melalui proses verifikasi dan peninjauan lokasi. Selain itu, usaha properti yang terletak di gedung perkantoran di Jakarta juga harus memasarkan produk. Sehingga memerlukan tempat yang luas dan virtual office bukan pilihan tepat.

Transportasi

Sedangkan untuk usaha transportasi juga berlaku hal yang sama. Arus kas yang besar juga menerapkan aturan yang sama. 

Selain itu, kegiatan penerimaan dan pengiriman transportasi juga membutuhkan tempat penyimpanan yang luas. Sehingga memilih konsep kantor virtual juga tidak memungkinkan. 

Keuntungan Perkantoran Jakarta Selatan Virtual

Pemilik perusahaan yang memilih perkantoran Jakarta Selatan dengan konsep virtual bisa mendapatkan keuntungan, antara lain:

Menghemat Biaya Operasional

Pemilik bisnis tidak perlu mempunyai bangunan kantor karena untuk mewujudkan hal ini perlu biaya yang besar. Semua biaya operasional sudah termasuk dalam biaya sewa.

Citra Perusahaan

Gedung perkantoran adalah daya tarik utama bagi para klien yang menunjukkan citra perusahaan. Oleh karena itu, memiliki alamat kantor berada di kawasan bisnis akan sangat menguntungkan.

Walaupun kantor hanya virtual, namun perusahaan bisa menggunakan domisili secara resmi. Untuk keperluan surat menyurat pun akan dibantu dengan pihak pengelola. Selain itu, kantor resmi konsep virtual bisa berlaku sebagai badan hukum.

Mudah Berganti Kantor

Penyedia layanan perkantoran Jakarta Selatan virtual office juga akan memberikan paket sewa yang sangat bervariasi. Anda bisa memilih harga bulanan sampai tahunan. Jika perusahaan berada di tempat strategis juga bisa berpindah layanan virtual office.

Hal ini tidak bisa dilakukan oleh perusahaan yang memiliki kantor tetap. Ketika pindah, mereka harus mengeluarkan banyak biaya. Untuk jual gedung kantor juga memerlukan waktu yang lama jika ingin pindah.

Hemat Waktu

Bagi pekerja di virtual office tidak mewajibkan datang setiap hari ke kantor. Pekerja bisa melakukan pekerjaan di mana saja, bahkan kapan saja karena bisa mengatur waktu. 

Sehingga para pekerja tidak perlu membuang waktu selama perjalanan datang ke kantor. Selain itu, para pekerja juga bisa memanfaatkan waktu untuk bekerja daripada untuk perjalanan ke kantor. Hal ini akan lebih efisien untuk perkembangan sebuah bisnis.

Perkantoran Jakarta Selatan dengan konsep virtual office bisa Anda pilih. Namun, ingat untuk memperhatikan jenis usaha yang Anda jalankan karena tidak semua bisa menggunakan konsep kantor ini.