About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Biaya Pengurusan PT PMA di Indonesia, Apa yang Harus Disiapkan?

Biaya Pengurusan PT

Office Now – Topik membahas masalah pendirian Penanaman Modal Asing menjadi hal menarik. Biaya pengurusan PT PMA juga menjadi hal yang penting karena terdapat banyak dokumen yang harus disertakan. Memahami prosedur pendirian juga harus Anda pahami untuk kelancaran perolehan izin.

Biaya Pengurusan PT PMA: Pengertian dan Siapa yang Bisa Mendirikannya 

Biaya Pengurusan PT PMA: Pengertian dan Siapa yang Bisa Mendirikannya

Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai biaya pendirian PT di notaris, Anda perlu mengetahui apa itu Penanaman Modal Asing. Sehingga bisa membedakan bentuk badan hukum ini dengan lainnya.

Pengertian PT PMA

Perseroan Terbatas PMA merupakan perusahaan dengan bentuk PT yang membuka saham untuk warga negara asing dan WNI. Pemegang saham untuk PT PMA adalah WNA baik sebagian maupun secara keseluruhan. 

Perusahaan bentuk Penanaman Modal Asing wajib berkedudukan di wilayah Indonesia. Sehingga biaya pengurusan PT PMA dan persyaratannya harus tunduk pada hukum di Indonesia.

Siapa yang Bisa Mendirikan PMA?

Pada dasarnya siapa saja bisa mengajukan permohonan, namun tidak semuanya bisa mendapatkan izin. Sehingga untuk bisa mendapatkan izin harus memenuhi biaya pembuatan PT di Surabaya dan persyaratannya.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengikuti prosedur pendirian PMA, antara lain:

Bidang Usaha

Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu jenis usaha apa yang akan dijalankan. Dasar hukum dari bidang usaha bisa Anda lihat pada Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 2016.

Nilai Investasi dan Modal

Hal seharusnya yang harus Anda perhatikan selain biaya pengurusan PT PMA, yaitu besaran nilai investasi serta modal. Total nilai investasi harus melebihi jumlah Rp10 miliar. Sedangkan untuk modal yang ditempatkan dan disetor minimal Rp10 miliar.

Agar tidak menjadi menghalangi, Anda harus mengajukan permohonan ketersediaan dana investasi. Sebab hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi BKPM.

Lokasi Kantor

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan lokasi kantor dan biaya pembuatan PT 2021. Penanaman Modal Asing harus memiliki kantor fisik dan tidak diperkenankan menggunakan kantor virtual. 

Presentasi

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan presentasi yang menjadi kewajiban yang disyaratkan oleh BKPM. Tujuan dari presentasi ini adalah agar pihak BKPM bisa mendapatkan penjelasan lengkap mengenai rencana usaha dan investasi.

Jika Anda bisa meyakinkan BKPM saat melakukan tahapan presentasi ini, maka permohonan Anda akan disetujui. Selain melengkapi dokumen dan biaya pengurusan PT, Anda juga harus berhasil melakukan presentasi yang bisa menentukan hasil.

Modal Dasar dan Biaya Pengurusan PT

Modal Dasar dan Biaya Pengurusan PT

Masalah penting yang tidak bisa dipisahkan dari pendirian adalah modal dasar dan biaya pendirian.

Modal Dasar

PT PMA tidak seperti PT lokal maupun biaya pendirian CV yang tidak terbebani pembatasan modal dasar. Perusahaan Penanaman Modal Asing harus membuktikan kepemilikan modal dan investasi agar bisa mengurus izin.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh BKPM nomor 14 tahun 2015, sebagai berikut:

  • Pemilik usaha harus mampu menyediakan dana untuk investasi dasar lebih dari 10 miliar. Jumlah tersebut belum termasuk harga properti tempat untuk mendirikan perusahaan.
  • Jika ingin memperluas bisnis melalui kelompok usaha, maka modal dasar bisa kurang dari Rp10 miliar. Namun, jumlah investasi harus melebihi nilai Rp10 miliar.
  • Selain itu, batas minimal modal dasar untuk melakukan perluasan usaha sebesar Rp2,5 miliar.
  • Pemegang saham harus menyertakan modal minimal Ro10 juta.

Biaya Pengurusan PT

Ketika sudah memenuhi persyaratan modal, maka pemilik perusahaan Penanaman Modal harus mengurus perizinan. Untuk mendirikan PT PMA membutuhkan beberapa tahapan yang harus disiapkan mulai dari:

  • Mendapatkan perizinan berkaitan dengan pendirian PT PMA.
  • Menanamkan modal.
  • Mengurus semua aspek formal dan legal.

Setelah tiga komponen tersebut bisa terpenuhi, maka bisa menjalankan perusahaan secara legal dan aman. Anda bisa mempercayakan pengurusan izin melalui jasa pendampingan pendirian PT PMA. Biaya pengurusan PT bervariasi tergantung paket yang Anda pilih, mulai dari Rp7 juta sampai Rp15 juta.

Biaya pembuatan PT 2022 untuk PT PMA jika menggunakan penyedia jasa akan sangat menguntungkan. Sebab, Anda hanya perlu memantau dan menunggu proses perizinan. Proses pengurusan izin memakan waktu antara 35 sampai 60 hari kerja. 

Syarat Biaya Pengurusan PT PMA

Syarat Biaya Pengurusan PT PMA

Penanaman modal asing dilakukan melalui pendirian sebuah badan hukum PT serta biaya pengurusan PT. Simak persyaratan apa saja yang harus Anda siapkan untuk mendirikan PT PMA berikut ini:

  • Siapkan fotokopi KTP atau bisa juga menggunakan paspor para pendiri perusahaan.
  • Fotokopi NPWP.
  • Laporan anggaran dasar untuk dari PT PMA.
  • Alamat email.
  • Nomor Telepon.
  • Pas foto ukuran 3X4 dan 4X6 masing-masing 4 lembar.
  • Struktur pengurus perusahaan dan daftar kepemilikan saham.
  • Alamat PT PMA.
  • IMB dari PT PMA.
  • Stempel perusahaan.
  • Sertakan juga diagram alur produksi secara lengkap dan rincian proses produksi. 
  • Surat pernyataan permodalan.

Biaya Pengurusan PT PMA: Simak Tahapan Pendiriannya

Setelah memenuhi semua persyaratan, Anda bisa menyimak tahapan berikut ini:

Memenuhi Syarat

Penuhi semua persyaratan mulai dari akta pendirian perusahaan, SK dari Kemenkumham mengenai pengesahan badan hukum dan NPWP perusahaan. Selain itu, penuhi semua persyaratan nilai investasi dan modal dan perizinan lain seperti NIB dan biaya pengurusan PT PMA.

Mengajukan Permohonan Izin

Jasa pembuatan PT PMA akan membantu Anda mengurus semua perizinan. Langkah awal adalah mengajukan permohonan ke BPKM. Isi data pada formulir yang telah disediakan dengan informasi yang benar.

Jika menggunakan jasa pengurusan izin, Anda akan terbantu karena sudah memiliki pengalaman. Sehingga tidak ada persyaratan yang tertinggal agar tidak perlu mengulang kembali. 

Lengkapi Persyaratan Dokumen

Pastikan semua dokumen untuk mengajukan permohonan izin lengkap. Baik untuk pengajuan online maupun offline akan ada pemeriksaan kembali. Ada beberapa kelompok dokumen legalitas, yakni untuk tempat kedudukan dan badan hukum. 

Syarat pembuatan PT PMA berupa akta jual beli, sertifikat hak atas tanah dan perjanjian sewa harus Anda sertakan.

Verifikasi

Tahapan selanjutnya, periksa kembali biaya pembuatan PT di Bogor sebelum proses verifikasi dilakukan. Dokumen akan melalui proses pemeriksaan satu per satu. Kurang lebih membutuhkan waktu satu minggu dari tanggal pengumpulan dokumen. 

Hasil Verifikasi

Dalam tahapan verifikasi ini terdapat dua kemungkinan. Jika hasil verifikasi sudah keluar Anda bisa mengetahui izin diterima atau mengalami penolakan. 

Ketika perizinan diterima, Anda bisa mendapatkan izin dalam 3 hari sejak tanggal hasil tersebut keluar. Sementara itu, jika permohonan izin mengalami penolakan, maka surat penolakan akan Anda terima setelah 2 hari.

Laporan Kegiatan Penanaman Modal

LPKM merupakan laporan yang di dalamnya memuat proses perkembangan penanaman modal dari PMA. Laporan ini juga memuat masalah apa saja yang terjadi selama proses pendirian Penanaman Modal Asing. 

Penetapan biaya pengurusan PT PMA bervariasi sesuai dengan paket yang Anda pilih pada pendamping jasa pengurusan izin. Untuk memudahkan, selain biaya juga harus mempersiapkan semua persyaratan dokumen dan permodalan untuk mendirikan PT PMA.