About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Jasa Pengiriman Barang Jakarta, Apa Syarat Pendiriannya?

Jasa Pengiriman Barang Jakarta

Office Now – Berkembangnya bisnis belanja online turut mengembangkan usaha yang berkaitan dengan pengiriman. Untuk mendirikan jasa pengiriman barang Jakarta, pemilik usaha harus memenuhi semua perizinan. Ada beberapa instansi terkait untuk mendapatkan perizinan ini.

Pengertian Jasa Pengiriman Barang Jakarta 

Pengertian Jasa Pengiriman Barang Jakarta

Jasa pengiriman barang Jakarta merupakan perusahaan atau layanan jasa bergerak di bidang memberikan pelayanan mengirimkan barang. Pengiriman dilakukan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan aman. 

Tujuan dari layanan pengiriman barang ini untuk mempermudah sistem pengiriman barang dari lokasi yang berbeda. Teknik pengiriman yang digunakan ada 2 metode, yaitu menggunakan tenaga murni dan menggunakan bantuan alat transportasi.

Jenis Jasa pengiriman Barang Jakarta

Agar lebih memudahkan jasa ekspedisi murah Jakarta menggunakan beberapa cara, antara lain:

Jasa Pengiriman Barang Jakarta Via Darat

Metode yang digunakan dalam pengiriman barang ini menggunakan jalur darat. Jarak pengiriman barang masih dalam satu daerah atau satu pulau sehingga bisa menggunakan jalur darat.

Pengiriman Barang Via Laut

Pada layanan jasa pengiriman barang Jakarta via laut akan membantu Anda jika barang dalam jumlah banyak atau besar. Barang akan masuk ke dalam kontainer sesuai kebutuhan menggunakan jalur laut. 

Pengiriman Barang Via Udara

Jasa pengiriman barang Jakarta Bandung menggunakan jalur udara sekarang banyak menjadi pilihan. Pengiriman lebih praktis dan cepat menjadi keunggulannya. Anda bisa menggunakan metode ini untuk barang yang tidak terlalu berat atau untuk barang yang khusus.

Pengiriman Barang Via Kurir

Untuk pengiriman barang yang benar-benar ringan maupun dokumen, Anda bisa menggunakan kurir. Pada umumnya jarak pengiriman barang dekat dalam kota saja.

Dasar Hukum Jasa Pengiriman Barang Jakarta?

Dasar Hukum Jasa Pengiriman Barang Jakarta?

Ada dua aturan yang mengatur jasa pengiriman barang murah antara lain:

PP Nomor 49 Tahun 2017

Peraturan pertama ada pada Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2017 yang mengatur penyelenggaraan bagi jasa pengurusan transportasi. Untuk aturan dalam PP ini mengatur kegiatan usaha yang bergerak di bidang tata laksana pengiriman barang. 

Kegiatan yang ada dalam jasa pengiriman barang Jakarta, antara lain:

  • Penerimaan
  • Penyimpanan
  • Sortasi
  • Pengepakan
  • Penandaan
  • Pengukuran
  • Penimbangan
  • Penerbitan dokumen angkutan
  • Pengurusan penyelesaian dokumen
  • Pemesanan ruangan pengangkutan
  • Pengiriman
  • Pengelolaan pendistribusian
  • Perhitungan biaya angkut dan logistik
  • Klain
  • Asuransi atas pengiriman
  • Penyediaan sistem informasi dan komunikasi

Permen Nomor 7 Tahun 2018

Peraturan selanjutnya ada pada Peraturan Menteri nomor 7 tahun 2018 mengatur mengenai pelayanan berusaha terintegrasi secara elektronik. Kegiatan ekspedisi terdekat mencakup layanan:

  • Komunikasi tertulis maupun melalui surat elektronik.
  • Paket
  • Logistik
  • Transaksi keuangan
  • Keagenan pos

Sehingga setiap pelaku usaha jasa pengiriman barang Jakarta menjalankan kegiatan ekspedisi sesuai dengan KBLI. Sebab, nantinya akan berhubungan langsung dengan perizinan yang harus dipenuhinya.

Selain itu, masih ada Surat Izin Usaha Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi harus dimiliki setiap penyedia jasa. 

Hal yang Harus Dipersiapkan Oleh Jasa Pengiriman Barang Jakarta

Hal yang Harus Dipersiapkan Oleh Jasa Pengiriman Barang Jakarta

Untuk membuka jasa pengiriman barang Jakarta harus mempersiapkan beberapa perizinan dan memenuhi persyaratan. 

Persyaratan Jasa Ekspedisi

Indah Cargo Jakarta sebagai perusahaan penyedia jasa ekspedisi atau pengiriman barang harus memenuhi syarat, seperti:

Persyaratan Dasar

Cermati dan siapkan beberapa persiapan dasar untuk membuka jasa pengiriman, antara lain:

  • Pemilik usaha harus mempersiapkan surat permohonan yang sudah lengkap memuat materai.
  • Siapkan juga identitas pemohon dan penanggung jawab perusahaan.
  • Akta pendirian perusahaan maupun akta perubahan jika ada.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan jasa pengiriman barang.
  • Tenaga ahli WNI bidang pelayaran, penerbangan atau transportasi. Bisa juga yang memiliki sertifikat kompetensi bidang forwarder atau S1 logistik.
  • Perusahaan memiliki modal minimal Rp1,2 miliar. Sebanyak 25 persen dari modal dasar harus disetorkan dan buktinya penyetiran harus dilakukan audit oleh kantor akuntan publik.
  • Menyertakan bukti sewa gedung atau jika milik sendiri harus membuktikan kepemilikan sertifikat gedung.
  • Proposal teknis harus lengkap menyertakan keterangan memiliki atau menguasai kendaraan minimal roda 4 untuk operasional. Sertakan juga bukti kepemilikan atau sewa yang sah.
  • Perusahaan juga harus memiliki lahan parkir untuk kendaraan tersebut.
  • Selain itu, perusahaan harus memiliki peralatan perangkat lunak dan keras untuk menunjang sistem informasi dan komunikasi.

Penyelenggara Pos

Sedangkan untuk penyelenggara Pos yang menjadi kewenangan Kominfo harus mengurus izin melalui OSS. Namun, perusahaan terlebih dahulu memiliki pemenuhan komitmen berikut ini:

  • Adanya kesanggupan melampirkan struktur permodalan untuk penyelenggaraan pos nasional minimal Ro500 juta. Sedangkan untuk penyelenggaraan pos provinsi dengan modal sebesar Rp100 juta. Penyelenggaraan pos kabupaten dengan modal sebanyak Rp50 juta.
  • Kesanggupan untuk menyampaikan proposal rencana usaha seperti ekspedisi Sicepat. Kesanggupan tersebut mencakup aspek teknis, bisnis dan keuangan.
  •  Menyusun surat kesanggupan memenuhi semua kewajiban pembayaran biaya perizinan penyelenggaraan pos.
  • Menetapkan direksi, pengurus maupun badan hukum pelaku usaha.
  • Menyampaikan data dengan valid dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Sanggup untuk memenuhi tenggat waktu untuk memenuhi pernyataan komitmen.
  • Bersedia mendapatkan sanksi administratif jika tidak bisa memenuhi pernyataan komitmen.

Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi

Tahapan selanjutnya, pemilik ekspedisi Jakarta Bandung sehari sampai harus memiliki IUJPT. Pemilik usaha harus memenuhi persyaratan administrasi berikut ini:

  • Penyedia jasa transportasi harus memiliki akta perusahaan dari notaris. Selain itu, akta perusahaan harus terdaftar dan mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham.
  • Memiliki surat keterangan domisili perusahaan.
  • Sertakan juga identitas para pemohon maupun penanggungjawab perusahaan.
  • Memiliki modal dasar sejumlah minimal Rp1,25 miliar.
  • Selain itu, pemilik perusahaan jasa harus menyertakan sertifikat kepemilikan gedung. Jika bukan milik sendiri, bisa menunjukkan perjanjian sewa minimal 2 tahun.

Surat Keterangan Domisili Perusahaan sudah tidak berlaku lagi, melainkan diganti dengan izin lokasi. 

Penyelenggaraan Sistem Elektronik Privat

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5 tahun 2020 mengatur mengenai PSE privat. Aturan tersebut sebagai dasar bagi perusahaan ekspedisi Surabaya ke Jakarta mendaftar PSE. Ketentuan ini jika perusahaan memiliki portal, situs maupun aplikasi sendiri.

Hal tersebut berguna untuk kepentingan berikut ini:

  • Perdagangan barang maupun jasa.
  • Layanan transaksi keuangan.
  • Pengiriman muatan digital berbayar melalui jaringan data.
  • Layanan komunikasi dan media sosial berkaitan dengan sistem pengiriman.
  • Selain itu, peruntukan kepada layanan mesin pencari dan layanan penyediaan informasi elektronik.
  • Untuk pemrosesan data pribadi dalam kegiatan operasional yang bertujuan melayani masyarakat.

Pada sistem OSS, pemilik jasa pengiriman barang Jakarta bisa mengisi formulir pendaftaran yang berisi beberapa hal berikut ini:

  • Gambaran umum dari pengoperaian sistem elektronik.
  • Kewajiban perusahaan memastikan keamanan dari informasi.
  • Adanya kewajiban untuk melakukan perlindungan data pribadi.
  • Selain itu, Anda harus mengisi formulir untuk melakukan uji kelayakan sistem elektronik.

SIUPME

Perusahaan ekspedisi yang telah memberikan opsi pembayaran online harus juga memiliki SIUPMSE. Surat Izin Usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik ini sesuai dengan Permendag nomor 50 tahun 2020. Siapkan persyaratan berikut ini:

  • Surat tanda terdaftar PSE.
  • Alamat website
  • Layanan pengaduan konsumen

Persyaratan pendirian jasa pengiriman barang Jakarta harus terpenuhi agar menjalankan usaha dengan aman. Lebih mudah lagi bagi pengusaha karena bisa mengurusnya secara online.