Jasa Pengurusan Izin Usaha, Pilih yang Tepat dengan 4 Tips Ini

, ,

Office Now – Setiap orang pasti bermimpi ingin memiliki badan usaha. Masalahnya mengurus perizinan usaha lumayan ribet. Jadi, tidak sedikit orang yang beralih memakai jasa pengurusan izin usaha. Selain lebih praktis, jadi bisa mengerjakan hal lainnya agar usaha tersebut bisa segera berjalan.

Jika ada jasa pembuatan PT murah, maka akan ada juga jasa yang bisa mengurus surat izin berdirinya usaha. Kenapa harus memakai perusahaan jasa untuk mengurus izin usaha dan apa artinya? Berikut penjelasannya yang harus diketahui.

Apa Itu Jasa Izin Usaha

apa itu jasa izin usaha

Salah satu solusi bagi seorang pengusaha yang akan mendirikan badan usaha adalah memiliki surat izin usaha. Adapun surat izin tersebut bisa didapatkan dengan bantuan jasa pengurusan izin usaha.

Sebagai seorang pengusaha, jika ingin bisnisnya bisa berjalan dengan lancar maka membutuhkan surat izin usaha. Selain bisa memberikan keuntungan yang lebih baik, bisa juga meningkatkan frekuensi promosi.

Meskipun sebagai seorang pengusaha atau pedagang regional dengan skala kecil. Sebaiknya memiliki surat izin usaha untuk usaha yang kini sedang dijalankan, supaya tidak ada hal yang mungkin tidak diinginkan muncul ketika produksi sedang berjalan.

Ada banyak jasa pengurusan izin usaha. Memilih yang tepat bisa mencegah terjadi masalah di tengah jalan. Oleh karena itu, ikuti beberapa tips yang bisa membantu memilih perusahaan jasa izin usaha.

Tips Memilih Jasa Pengurusan Izin Usaha

Jasa pengurusan izin usaha yang profesional akan mengurus perizinan usaha dengan baik. Sehingga semua berjalan lancar dan tidak menimbulkan  masalah baik sekarang atau masa depan. Oleh karena itu, ketahui tips memilih jasa pengurusan yang tepat.

Mengetahui identitas atau profil perusahaan jasa pengurusan izin usaha

Sebelum memilih jasa untuk urus izin usaha, sangat penting untuk mengetahui segala hal dari perusahaan tersebut. Mulai dari profilnya sampai identitasnya, sehingga bisa mengetahui baik buruknya. Selain itu, mengetahui bagaimana pelayanannya juga penting.

Mengenal baik perusahaan jasa pengurusan izin usaha

Ada banyak jasa pengurusan izin usaha industri yang bisa ditemui setiap kota. Ketika memutuskan untuk memakai jasa tersebut, maka harus mengetahui lebih dalam supaya tidak kecewa. Contohnya mengetahui domisili perusahaannya sampai portofolio yang dimiliki. Sehingga bisa mengetahui seberapa banyak pengalaman dan profesionalnya perusahaan tersebut.

Jangan sampai lupa untuk melihat beberapa review yang bisa dilihat dari website. Bisa juga bertanya kepada teman atau saudara yang pernah memakai jasa perizinan untuk berdirinya usaha. Bagaimana tanggapan mereka sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan yang bagus terhadap perusahaan tersebut.

Pelayanan jasa pengurusan izin usaha

Dari semua tips di atas, yang paling penting ketika memilih jasa pengurusan izin usaha yang tepat adalah pelayanannya yang cepat dan profesional. Cepat bukan berarti buruk, namun perusahaan tersebut sangat cepat dalam menangani kebutuhan client.

Cek biaya

Setiap perusahaan jasa pengurusan izin usaha akan menarik biaya yang berbeda. Bagi perusahaan besar, untuk biaya mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, berbeda dengan pengusaha kecil atau UMKM. Pelaku usaha tersebut akan mempertimbangkan besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk mengurus izin usaha.

Melihat track record

Terakhir yang perlu diperhatikan ketika memilih perusahaan jasa pengurusan untuk izin usaha adalah melihat track record yang dimiliki. Dalam hal ini biasanya melihat secara online dan offline dari orang yang pernah memakai perusahaan jasa tersebut.

Perusahaan jasa yang mengurus izin usaha memiliki sikap yang profesional jika track recordnya bisa menyelesaikan sampai sukses. Jika mempunyai track record yang bagus, langsung saja pakai perusahaan tersebut.

Jenis Bidang Usaha yang Membutuhkan Surat Perizinan

jenis badan usaha yang membutuhkan surat perizinan

Penting untuk diketahui kalau tidak semua jenis usaha membutuhkan biro jasa pengurusan izin usaha. Jadi, periksa terlebih dahulu apakah jenis usaha yang akan berdiri membutuhkan surat perizinan, seperti di bawah ini.

Jenis usaha industri

Segala jenis usaha bidang industri membutuhkan surat perizinan dari Kementerian Perindustrian. Oleh karena itu, untuk mengurus surat izinnya, sudah pasti membutuhkan perusahaan jasa yang bisa mengurus semuanya sampai selesai.

Jenis usaha bidang perdagangan

Jenis usaha selanjutnya adalah di bidang perdagangan. Adapun surat yang dibutuhkan agar usahanya bisa berjalan adalah SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Surat tersebut bisa didapatkan dari Kementerian Perdagangan.

Jika tidak bisa mengurus SIUP sendiri, ada banyak jasa pembuatan SIUP perorangan sampai perusahaan. Cukup sediakan semua dokumen yang dibutuhkan agar bisa segera diurus.

Adapun biaya pembuatan SIUP bervariasi, tergantung memakai jasa perusahaan yang mana. Bahkan ada berita terbaru kalau biaya pembuatan SIUP perorangan adalah gratis atau tanpa dipungut biaya sepeserpun. Jadi, lebih meringankan bagi pengusaha.

Bidang usaha kepariwisataan

Bisnis wisata sekarang sedang booming, karena kebanyakan orang ingin melepas penatnya bekerja seharian di tempat wisata. Jadi, berminat untuk membuka usaha bidang wisata. Maka perlu adanya surat izin dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Bisnis usaha konstruksi

Bisnis lainnya yang membutuhkan surat izin adalah bidang konstruksi. Ada banyak orang yang ingin membangun sebuah rumah atau perumahan, sehingga bisnis ini termasuk salah satu bisnis idaman. Ingin membuka bisnis bidang konstruksi, maka perlu surat izin resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum.

Selain 4 macam bidang di atas tidak memerlukan surat izin pendirian usaha. Setelah mendapatkan surat izin selesai, pastinya menginginkan agar bisnisnya lebih berkembang. Misalnya saja mulai merambah ke ranah ekspor.

Cara Mengurus Surat Izin Ekspor

cara mengurus usrat izin ekspor

Setiap pebisnis memiliki impian bisnisnya bisa berkembang sampai seluruh dunia. Sebagai pebisnis pemula pastinya ingin merambah sampai ekspor. Namun, perlu diketahui kalau ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk mengembangkan bisnis sampai luar negeri.

Menyiapkan dokumen legalitas usaha untuk ekspor

Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan ketika akan mengurus surat izin ekspor. Salah satunya dokumen legalitas usaha. Adapun dokumen tersebut harus lengkap agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar.

Surat yang harus dipersiapkan adalah SIUP, NPWP, TDP, dan NIK. Kecuali NPWP, hampir semua daerah menerapkan sistem online. Supaya pengurusan surat ekspor berjalan lancar, maka semua data harus selaras antara nama perusahaan, alamatnya, dan lain-lain. Salah satu penyebab proses lama jika semua data tidak selaras.

Menyiapkan dokumen ekspor

Ada 3 macam dokumen ekspor yang harus dipersiapkan. Seperti dokumen utama yang meliputi invoice, packing list, dan bill of lading. Ada lagi dokumen tambahan yang berupa Certificate of origin, Certificate of analysis, Certificate of Phytosanitary, dan dokumen lainnya.

Terakhir ada dokumen yang harus dikumpulkan sebelum melakukan ekspor. Adapun suratnya berupa shipping instruction dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB). Banyaknya dokumen yang diperlukan tergantung pada produk yang akan diekspor, persyaratan dari negara tujuan, dan permintaan dari pembeli.

Melihat dari banyaknya dokumen, mungkin bagi pebisnis pemula akan terasa ribet. Namun, kini tidak perlu khawatir lagi, karena bisa meminta bantuan pada jasa pengurusan izin ekspor. Dimana jasa tersebut bisa membantu semua kebutuhan agar kegiatan ekspor bisa berjalan dengan lancar.

Sudah jelas kalau mau membuat sebuah perusahaan dan izinnya memerlukan menyiapkan banyak dokumen. Mengurus semua sendiri mungkin akan sedikit ribet. Namun, semua bisa teratasi jika memakai jasa pengurusan izin usaha yang tepat dan profesional.

Posted in Blog

Jumat Feb 25 5:55 am

Tidak ada Komentar