Persyaratan Bikin PT Penyedia Tenaga Kerja, Simak Prosedurnya!

Persyaratan Bikin PT
, , ,

Office Now – Kebutuhan tenaga kerja semakin banyak seiring pertumbuhan bisnis yang baik. Sehingga pemilik perusahaan mampu memenuhi persyaratan bikin PT penyedia tenaga kerja. Sebab, saat ini banyak perusahaan yang memilih menggunakan perusahaan outsourcing karena keefektifannya.

Persyaratan Bikin PT: Pengertian Outsourcing dan Dasar Hukum

Persyaratan Bikin PT: Pengertian Outsourcing dan Dasar Hukum

Mungkin beberapa orang masih belum memahami manfaat perusahaan outsourcing atau penyedia tenaga kerja. Anda perlu menyimak pengertian dan dasar hukum dari perusahaan tenaga kerja ini.

Pengertian Persyaratan Bikin PT Outsourcing

Perusahaan outsourcing memiliki bentuk badan hukum Perseroan Terbatas yang mengikuti aturan Undang-Undang nomor 49 tahun 2007. Oleh karena itu, setiap perusahaan bidang penyedia tenaga kerja harus memenuhi ketentuan prosedur mendirikan PT.

Hasil riset menunjukkan bahwa, perusahaan telah memilih menggunakan tenaga outsource untuk kegiatan operasionalnya. Angka tertinggi tercatat 73 persen pemilik usaha menggunakan perusahaan penyedia tenaga kerja. Sedangkan sisanya, sebesar 27 persen menggunakan tenaga non outsource.

Perusahaan outsourcing dapat disimpulkan sebagai bentuk usaha berbadan hukum dan izin dari instansi yang berwenang bidang ketenagakerjaan. Dasar hukumnya Undang-Undang nomor 19 tahun 2012. Secara garis besar mengatur penyerahan pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lain.

Sedangkan untuk kegiatan jasa yang disediakan perusahaan penyedia tenaga kerja tidak boleh memiliki hubungan langsung dengan proses produksi. Kegiatan dalam perusahaan penyedia tenaga kerja terbatas kepada beberapa hal, yaitu:

  • Pelayanan kebersihan
  • Penyedia makanan bagi buruh
  • Tenaga untuk pengamanan
  • usaha jasa sebagai penunjang di perusahaan perminyakan dan pertambangan
  • Untuk usaha penyediaan angkutan bagi pekerja

Dasar Hukum Perusahaan Outsourcing

Persyaratan bikin PT untuk perusahaan outsourcing bisa juga menjalankan rekrutmen. Keduanya memiliki perbedaan saat pemilihan karyawan, pengelolaan dan komponen dalam biayanya.

Penyedia jasa tenaga kerja dalam melakukan perekrutan bertujuan untuk ditempatkan pada perusahaan dari klien. Syarat mendirikan PT 2020 juga berlaku bagi perusahaan jasa penyedia tenaga kerja.

Tanggung jawab yang berkaitan dengan karyawan akan ditanggung oleh penyedia tenaga kerja dalam hal:

  • Asuransi
  • Penetapan kaji
  • Pencairan gaji
  • Pengurusan dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan. 

Persyaratan bikin PT penyedia tenaga kerja berlaku wajib sebelum membuat kontrak kerja dengan pekerja. Sebelum menjalankan jasa penyedia tenaga kerja, pemilik perusahaan wajib memahami aturan hukumnya.

Peraturan perundang-undangan yang mengaturnya yaitu Undang-Undang nomor 13 tahun 2003. Anda bisa melihat pada pasal 66 ayat 3 pada undang-undang tersebut. Isi pasal menjelaskan bahwa perusahaan outsourcing berbadan hukum dan mendapatkan izin terkait ketenagakerjaan.

Dasar hukum tersebut yang menjadi landasan dan persyaratan bikin PT penyedia tenaga kerja. 

Untuk dasar hukum lainnya, juga bisa Anda lihat pada Keputusan Menakertrans nomor 101 tahun 2004. Peraturan tersebut menegaskan tata cara perizinan perusahaan penyedia jasa pekerja atau buruh. Hal ini tentunya menegaskan perbedaan dengan syarat mendirikan PT Perorangan.

Pada pasal 2 dan pasal 3 mengatur bahwa perusahaan outsourcing memiliki kewajiban untuk memiliki izin operasional. Anda bisa mengurus perizinan ini pada Dinas Ketenagakerjaan di kota atau kabupaten setempat.

Persyaratan Bikin PT Outsourcing

Persyaratan Bikin PT Outsourcing

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan penyedia tenaga kerja. Mulai dari perolehan izin sampai memperoleh perizinan khusus.

Syarat Memperoleh Izin Perusahaan Outsourcing

Untuk mendapatkan izin operasional, perusahaan penyedia tenaga kerja wajib melakukan beberapa hal, yaitu:

  • Perusahaan harus memiliki akta pendirian yang telah mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham. 
  • Mendirikan PT dengan beberapa badan usaha yang memiliki kesamaan bidang tentunya diperbolehkan. Selama perusahaan bisa menyiapkan salinan anggaran dasar.
  • Menyiapkan salinan Surat Izin Usaha Perdagangan sesuai dengan Tanda Daftar Perusahaan.
  • Salinan yang menyatakan perusahaan outsourcing telah melaporkan kegiatan usahanya kepada Dinas Ketenagakerjaan.

Kriteria Mendirikan Perusahaan Outsourcing

Pemilik perusahaan bisa mengajukan izin operasional kepada dinas yang bersangkutan. Untuk bisa mendirikan bidang ini harus memenuhi kriteria, yaitu:

  • Pendirian perusahaan berdasarkan persyaratan bikin PT.
  • Memiliki TDP.
  • Biaya mendirikan PT harus mengakomodir izin usaha.
  • Perusahaan penyedia tenaga kerja juga harus memiliki perizinan operasional.
  • Memiliki alamat kantor tetap.http://oss.go.id/
  • Perusahaan penyedia tenaga kerja juga wajib memiliki NPWP.

Ketentuan Khusus

Ada ketentuan khusus yang harus dimiliki perusahaan penyedia tenaga kerja, yaitu:

  • Hal mendasar yang berhubungan dengan pekerjaan yang diserahkan kepada perusahaan outsourcing merupakan kegiatan pendukung. Secara langsung juga tidak berhubungan dengan proses produksi.
  • Syarat mendirikan PT 2021 juga mensyaratkan tidak boleh menyerahkan sebagian atau keseluruhan pekerjaan kepada perusahaan lain.
  • Perjanjian selanjutnya mengenai penyediaan tenaga kerja dari berbagai jenis pekerjaan di perusahaan penyedia tenaga kerja.
  • Membuat perjanjian yang isinya berupa penegasan bersedianya perusahaan menerima tenaga kerja dari penyedia outsourcing. Bilamana terjadi pergantian pergantian perusahaan outsourcing dari perusahaan sebelumnya.
  • Dalam hal perjanjian yang mengatur hubungan kerja antara perusahaan penyedia tenaga kerja berdasarkan PKWTT.

Alasan Menggunakan Persyaratan Bikin PT Outsourcing 

Alasan Menggunakan Persyaratan Bikin PT Outsourcing

Sistem kerja yang ada pada perusahaan penyedia tenaga kerja menggunakan tenaga kerja dari pihak ketiga melalui sistem kontrak. Saat melakukan perekrutan pekerja, perusahaan bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. 

Persyaratan bikin PT penyalur tenaga kerja menyediakan kasa dan menyalurkan tenaga kerja yang memiliki keahlian. Pekerjaan yang sudah dialihkan tidak memiliki dampak langsung di sektor utama. Simak alasan memilih perusahaan penyedia tenaga kerja, berikut ini:

Efisiensi

Perusahaan pengguna penyedia jasa tenaga kerja bisa lebih berkonsentrasi untuk memajukan perusahaan. Sehingga menggunakan jasa penyedia tenaga kerja bisa bekerja lebih efisien lagi.

Skalabilitas Optimal

Pengalihdayaan dalam hal ini akan meningkatkan ketersediaan tenaga kerja. Serta bisa mencapai output yang maksimal dan kegiatan produksi juga terjamin. Bahkan saat terjadi fluktuasi, perusahaan masih tetap berjalan.

Peningkatan Kualitas

Alasan selanjutnya adalah mendapatkan hasil yang mampu meningkatkan kualitas. Contohnya, dalam pembuatan pabrik yang baik bisa meningkatkan kualitas dari segi produksi.

Menghemat Biaya

Syarat mendirikan CV tidak diperkenankan dalam perusahaan penyedia tenaga kerja. Perusahaan penyedia tenaga kerja harus berbentuk Perseroan Terbatas agar bisa dikelola dengan baik. 

Sehingga pengguna jasa akan mendapatkan tingkat spesialisasi yang tinggi karena layanan yang handal. Selain itu, pengguna jasa akan bisa menghemat biaya karena ada potongan harga tertentu.

Kurangnya Pengetahuan

Terkadang sebuah perusahaan tidak mengetahui dan memahami dengan baik perusahaan baru. Selain itu, masalah dari karyawan yang ada juga tidak memiliki kemampuan yang bisa diimplementasikan sesuai keperluan. Solusi yang terbaik adalah mempekerjakan pekerja yang terampil.

Namun, sebelum memutuskan menggunakan penyedia jasa tenaga kerja, Anda harus memulai metode berikut ini:

  • Anda harus bisa menganalisis keadaan untuk menentukan tindakan terbaik. Perkirakan bagaimana potensi dari penggunaan outsourcing ini.
  • Semua pemangku kepentingan dalam perusahaan harus bisa mendapatkan hasil maksimal saat menggunakan perusahaan outsourcing.
  • Dalam pelaksanaan kerjasama tersebut, Anda harus benar-benar memeriksa secara teratur untuk pencapaian sesuai kontrak.

Persyaratan mendirikan PT penyedia tenaga kerja melibatkan banyak instansi, sehingga perlu ketelitian. Jangan sampai ada persyaratan yang terlewatkan agar perizinan bisa selesai dengan cepat.

Penulis: Lyla Iswara

Posted in Blog

Jumat Feb 25 4:17 am

Tidak ada Komentar