About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Pengurusan SIUP Online Tidak Berlaku Lagi, Apa Saja Izin Penggantinya?

Pengurusan SIUP Online

Office Now– Kegiatan perdagangan baik barang maupun jasa merupakan bagian penting dalam kehidupan. Sebagai pelaku usaha wajib melakukan pengurusan SIUP online baik yang berbentuk Perseroan Terbatas maupun Persekutuan Komanditer.

Latar Belakang Perubahan Pengurusan SIUP Online

Latar Belakang Perubahan Pengurusan SIUP Online

Ada dua peraturan yang menjadi latar belakang perubahan pada pengurusan izin. Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

PP Nomor 24 Tahun 2018

Sejak berlakunya Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 yang mengatur tentang proses pengajuan izin, ada perubahan total yang terjadi. Sebelumnya, jika akan mengurus izin sebuah usaha harus mempersiapkan berkas secara manual. 

Namun, sejak hadirnya sistem OSS, pengurusan SIUP online mengalami perubahan menjadi lebih sederhana. Sebab, mengurus izin dilakukan secara elektronik mulai dari proses pendaftaran hingga diterimanya berkas. 

Proses pengurusan izin dengan sistem OSS, meliputi:

  • Pendaftaran untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha.
  • Perusahaan berbentuk PT dan CV bisa harus memasukkan nomor pengesahan dari akta pendirian. 
  • Persyaratan pengurusan SIUP online selanjutnya mengacu pada pasal 85. Di dalam pasal ini mengatur mengenai proses dan tahapan untuk memperoleh izin usaha komersial.

Peraturan BKPM Pengurusan SIUP Online 

Menteri perdagangan mengeluarkan Peraturan Menteri nomor 8 tahun 2020. Peraturan ini sebagai dasar hukum untuk memperjelas syarat dan tahapan izin usaha pada sektor perdagangan.

Keefektifan Pengurusan SIUP Online

Keefektifan Pengurusan SIUP Online

Munculnya dua aturan tersebut untuk mempermudah pemahaman dari setiap pelaku usaha dalam mendapatkan izin usaha. Melalui sistem OSS Anda akan mengetahui pengurusan SIUP online Surabaya akan berlaku efektif atau tidak.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Memastikan Proses Tipe Bisnis

Anda sebagai pelaku usaha wajib pemenuhan komitmen sehingga izin usaha bisa berlaku efektif. Ada 4 tipe dalam pemenuhan komitmen. Dalam masing-masing tipe memiliki tata cara dan persyaratan berbeda.

Oleh karena itu, Anda wajib mengenali terlebih dahulu tipe proses bisnisnya. Sehingga bisa memenuhi komitmen pengurusan SIUP online berdasarkan kode pada KBLI. 

Memastikan Terpenuhinya Prasarana Pengurusan SIUP Online 

Salah satu alasan yang bisa Anda ajukan melalui OSS belum berlaku efektif adalah tidak terpenuhinya komitmen prasarana. Perizinan prasarana juga berkaitan dengan beberapa izin, antara lain:

  • Izin lokasi untuk melakukan usaha.
  • Berupa izin lokasi perairan. 
  • Izin pengurusan SIUP online Jakarta berkaitan dengan lingkungan.
  • IMB atau Izin Mendirikan Bangunan.

Anda juga perlu memperhatikan terkait status lahan apakah sewa atau bukan sewa. Hal ini akan membawa implikasi terhadap terpenuhinya komitmen yang harus Anda selesaikan. 

Jika Anda bisa memahami pengisian, maka akan bisa terhindar dari komitmen yang tidak perlu. Oleh karena itu, Anda wajib menghindari kekeliruan saat pengisian OSS. Selain itu lokasi untuk tempat usaha harus memiliki izin prasarana.

Anda tidak perlu lagi mengurus atau membuat komitmen pada sistem OSS. Pengurusan SIUP online hanya memerlukan upload file izin ke dalam sistem.

Memastikan Domisili Sesuai Aturan Zonasi

Anda harus mencantumkan alamat atau lokasi usaha Anda secara lengkap dan jelas. Sertakan titik koordinat pada sistem OSS sesuai dengan alamat tersebut. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah mengenai detail tata ruang dan peraturan zonasi.

Perizinan Berbasis Risiko Pengganti Pengurusan SIUP Online

Perizinan Berbasis Resiko Pengganti Pengurusan SIUP Online

Perombakan sistem perizinan secara total ini terjadi lantaran sudah berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja.  Hal ini berkaitan dengan penetapan resiko yang berbeda dari pengurusan izin sebelumnya. 

Terdapat peringkat skala usaha pada setiap kegiatan usaha perusahaan. Penilaian ini berasal dari bahaya dan potensi yang akan terjadi pada setiap sektor usaha. Sehingga jenis izin usaha memerlukan tingkat resiko dan peringkat skala usaha. 

Ada 4 kategori mengenai skala kegiatan usaha, antara lain:

Kegiatan Usaha Berisiko Rendah

Kategori usaha ini hanya memerlukan nomor induk berusaha sebagai salah satu persyaratan dalam perizinan berusaha. Setelah adanya perubahan untuk mengurus beberapa perizinan secara online.

Sehingga, ada baiknya untuk menyimak apa saja yang sesuai dengan kegiatan usaha berisiko rendah.

Kegiatan Usaha Berisiko Menengah Rendah

Untuk kegiatan usaha yang memiliki resiko menengah rendah memerlukan perizinan, berupa:

  • NIB
  • Serta memerlukan pernyataan dari pelaku usaha untuk memenuhi standar dalam kegiatan berusaha.

Kegiatan usaha Menengah Tinggi

Jika usaha yang sedang Anda jalankan termasuk dalam berisiko menengah tinggi, perlu memiliki izin berikut ini:

  • NIB.
  • Standar sertifikat dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah sesuai kewenangannya. Sehingga ketentuan kegiatan usaha menengah tinggi ini berasal dari verifikasi pemenuhan standar dari kegiatan usaha. 

Sangat berbeda dengan pengurusan SIUP online Sidoarjo. Sehingga memang sebaiknya bisa memahami dengan benar aturan baru ini.

Kegiatan Usaha Berisiko Tinggi

Untuk usaha yang memiliki resiko tinggi, Anda sebagai pelaku usaha hanya memerlukan NIB dan izin.

Proses Penerbitan Izin Berusaha 

Perizinan berbasis risiko harus melalui subsistem dalam OSS. Simak beberapa tahapan berikut ini:

Pendaftaran Hak Akses

Tidak ada lagi pengurusan SIUP online Anda bisa mengajukan permohonan hak akses. Simak ketentuan berikut ini:

  • Merupakan orang atau perseorangan yang wajib mengisi data nomor induk kependudukan.
  • Badan usaha yang berkewajiban mengisi data nomor pengesahan dari badan usaha yang dijalaninya.
  • Sebuah badan layanan umum. Bisa berupa perusahaan umum atau perusahaan umum daerah. Selain itu juga pada lembaga penyiaran publik serta badan hukum lainnya yang dimiliki negara.
  • Pengurusan izin usaha bisa diganti dengan permohonan hak akses untuk data mengenai dasar hukum pendirian.
  • Kantor perwakilan yang harus mengisi data NIK kepala kantor perwakilan.

Perubahan Data Hak Akses

Pelaku usaha bisa melakukan perubahan data dari hak akses. Bisa melakukannya secara mandiri dalam sistem OSS yang mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Nama dari penanggung jawab.
  • NIK atau bisa diganti dengan paspor penanggung jawab.
  • Nomor telepon dari penanggung jawab.
  • Email.
  • Kata sandi.

Permohonan NIB Pada Pengurusan SIUP Online

Pengurusan SIUP online berganti dengan permohonan NIB. Fungsinya sebagai bukti registrasi dari pelaku usaha untuk kegiatan usahanya. Oleh karena itu, pelaku usaha hanya bisa memiliki 1 NIB saja.

Untuk mendapatkan nomor induk berusaha, pelaku usaha bisa mengisi data pada sistem OSS, meliputi:

  • Profil dan bukan lagi menjadi syarat pengurusan SIUP mb online.
  • Mengisi permodalan.
  • NPWP. 
  • Juga memerlukan klasifikasi baku lapangan usaha.
  • Lokasi tempat berusaha.

Penerbitan Nomor Induk Berusaha

Setelah mengisi data untuk permohonan NIB, Anda hanya perlu menunggu terbitnya NIB. Proses penerbitannya berlangsung secara otomatis melalui sistem OSS. 

Nomor induk berusaha berlaku sebagai legalitas untuk melaksanakan kegiatan berusaha. Selain itu, juga berfungsi sebagai SPPL. Di mana SPPL merupakan pernyataan kesanggupan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.

Jika melihat secara keseluruhan, dengan adanya sistem OSS akan mempermudah setiap pelaku usaha. Persyaratan untuk mendirikan izin juga lebih sederhana. Perubahan aturan ini sangat membantu para pelaku usaha.

Apalagi untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, tidak perlu lagi melakukan pengurusan SIUP online. NIB berperan penting dalam melakukan kegiatan usaha dan mudah untuk tahapan mengurusnya.

Penulis: Lyla Iswara