About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Lamaran Pekerjaan, Tips dan Trik Membuat Suratnya

Lamaran Pekerjaan

OfficeNow – Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, langkah pertama untuk mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya adalah membuat lamaran pekerjaan. Entah Anda berminat untuk bekerja pada perusahaan besar maupun kecil, selembar surat tersebut pasti akan dibutuhkan sebagai suatu permohonan resmi. Tanpa adanya ajuan surat tersebut, akan sulit bagi HRD untuk memprosesnya.

Membuat lamaran pekerjaan Word merupakan hal yang sulit, tetapi tetap saja membutuhkan ketelitian dari pembuatnya. Pasalnya, seluruh informasi detail yang ada pada surat tersebut akan menentukan apakah Anda layak untuk diterima bekerja atau tidak.

Mengenal Surat Lamaran Pekerjaan

Mengenal Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan sebuah surat pengajuan yang berisikan permohonan calon karyawan untuk mengisi posisi kosong suatu perusahaan. Di dalamnya harus tertera identitas jelas pelamar. 

Penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar harus sesuai dengan posisinya, karena akan menunjukkan bagaimana kualitas dari pelamar tersebut. Sering kali HRD dapat memperkirakan sifat dan karakter calon karyawan dari bahasanya.

Pengajuan lamaran pekerjaan bahasa Inggris dapat Anda buat sekiranya hal tersebut mendukung maksud dan tujuannya. Jika berniat untuk menggunakan bahasa asing. Selalu  tuliskan lamaran tersebut menggunakan gramatikal yang tepat. 

Jangan sampai Anda membuatnya menggunakan bahasa yang kacau atau hanya menggunakan  terjemahan dari Google Translate, karena penggunaannya dapat membuat kesan pertama Anda menjadi tidak baik. 

Cara Mengajukan Lamaran Pekerjaan

Di Indonesia, terdapat kementerian yang mengurusi ketenagakerjaan, yaitu Kementerian Tenaga Kerja. Di sana Anda dapat mencari tahu tenaga ahli apa yang  paling dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi di perusahaan. Oleh karena itu, semakin Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan, maka akan semakin besar kemungkinan bekerja pada perusahaan tersebut.

Banyak cara untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Anda harus mencari tahu dulu, perusahaan seperti apa yang akan membuka lowongan tersebut, selanjutnya tanyakan apakah termasuk perusahaan keluarga, nasional, atau internasional. Pasalnya, setiap organisasi memiliki gaya manajemen yang berbeda. 

Anda dapat mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email. Penyebabnya tidak semua perusahaan yang Anda tuju menerima hardcopy yang hanya akan memakan tempat penyimpanan. Selain itu pula, menggunakan email akan membuat komunikasi semakin mudah, karena tidak terbatas  waktu dan tempat.

Ada pula yang meminta agar pengiriman lamaran pekerjaan tulis tangan, sebab HRD dapat menebak karakter dan kepribadian seseorang berdasarkan tulisan tersebut. Dengan demikian, HRD hanya akan memilih orang yang tepat untuk mengisi posisi yang kosong.

Kelebihan Mengirimkan Surat Lamaran Berformat Pdf

Kelebihan Mengirimkan Surat Lamaran Berformat Pdf

Selain mengirimkan dokumen dalam bentuk Word, Anda pun dapat mengirimkannya dalam format lamaran pekerjaan pdf. Terdapat beberapa kelebihannya dibandingkan dengan word.

Bisa Terkunci Dengan Password Tertentu

Anda dapat mengunci dokumen yang telah dikirimkan kepada orang lain sehingga hanya dapat dibaca saja. Dengan demikian, semua orang tidak dapat mengedit isinya. Walaupun mengirimkan ke perusahaan yang terpercaya, tetap saja membutuhkan kehati-hatian yang tinggi.

Tidak Seorang Dapat Mengedit

Keuntungan lainnya tentang format pdf adalah tidak seorang pun dapat mengedit isi dokumen tersebut, kecuali pembuatnya sendiri. Dengan demikian data Anda akan aman dan tidak ada yang dapat mengubahnya tanpa seizin sang empunya.

Bersifat Fleksibel

Perangkat yang berbeda dapat membuka dokumen dalam bentuk format Pdf, baik smartphone, maupun komputer atau laptop.  Meskipun menggunakan perangkat yang berbeda serta versi yang berbeda isinya tidak akan berubah. Memerlukan bantuan software lain untuk mengubah teks yang ada di dalamnya.

Menuliskan surat lamaran pekerjaan harus menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, apapun bahasa yang digunakannya. Jangan sampai pihak perusahaan menilai bahwa Anda adalah calon karyawan yang tidak layak hanya hanya karena gramatikal yang kurang tepat.

Contoh Surat Lamaran yang Benar

Contoh Surat Lamaran yang Benar

Untuk menuliskan surat lamaran tentu tidak bisa sembarangan. Ada kriteria  tertentu yang harus Anda tuliskan agar maksud dan tujuan pengiriman lamaran tersebut sampai kepada bagian HRD.

Di bawah ini merupakan surat lamaran pekerjaan contoh yang dapat Anda tiru untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang diincar. Selalu gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jakarta, 16 Januari 2022

Kepada Yth.

HRD Manager PT Gemintang Jaya Group

Jl. Bintang Orion, Jakarta

di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan pada sebuah media massa online Merdeka Selalu pada tanggal 9 April 2022 untuk posisi produksi, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Staff Production Maintenance.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                   : Nino Abadi Jaya

Jenis kelamin       : Laki-laki

Tempat/tgl lahir   : Depok, 1 Januari 1990

Alamat                 : Jl. Matahari bersinar No. 2, Depok

Pendidikan           : S1 Teknik Industri

Telepon/HP          : 08123456789

Saya berpengalaman di posisi Staff  Maintenance selama 5 tahun. Mempunyai  kemampuan Bahasa Inggris, dan Mandarin dengan  fasih. Mampu bekerja secara mandiri maupun tim sesuai dengan SOP perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen berikut 

  • Foto diri ukuran 3 x 4
  • Fotokopi tanda pengenal KTP
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi Ijazah pendidikan
  • Salinan SKCK
  • Fotokopi surat pengalaman kerja
  • Sertifikat pendukung

Besar harapan saya memenuhi kualifikasi untuk pekerja sesuai dengan posisi yang ditawarkan sehingga memiliki kesempatan untuk dipanggil wawancara. Pada saat itulah  saya akan menjelaskan secara lebih detail  tentang i potensi dan kemampuan lain yang saya dimiliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya.Atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.yang sebesar

Hormat saya,

Nino Abadi Jaya

Tips Untuk Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat surat lamaran pekerjaan, simak tips di bawah ini untuk mempermudah membuatnya. Jangan pernah anggap remeh penulisan informasi tersebut.

  1. Menggunakan tata bahasa dan gramatikal  yang baik dan benar sesuai dengan aturannya.
  2. Format penulisan tersusun rapi dengan penggunaan kata dan kalimat yang tidak bertele-tele
  3. Lengkapi surat lamaran dengan semua informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta posisi tersebut.
  4. Lampirkanlah surat keterangan pendukung lainnya yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar.
  5. Pastikan bahwa tidak ada yang data yang terlewat dalam format penulisan serta hindari typo saat menuliskannya yang dapat membuat HRD menerjemahkannya berbeda.

Format Surat Lamaran Kerja yang Baik

Untuk menuliskan lamatan pekerjaan, Anda dapat menggunakan struktur penulisan umum di bawah ini. Sesuaikan dengan identitas dan informasi :

  1. Tempat dan tanggal kota di mana Anda berada
  2. Identitas Perusahaan yang akan Anda lamar
  3. Salam hormat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  4. Kata Pengantar singkat saja tanpa adanya kesan bertele-tele
  5. Biodata pribadi yang seperlunya. Tidak perlu menuliskan semuanya hanya yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar
  6. Tuliskanlah Pengalaman kerja pada perusahaan sebelumnya yang relevan dengan posisi yang tersebut 
  7. Keterampilan lain yang mendukung
  8. Penutup serta harapan Anda terhadap perusahaan saat sudah membaca surat lamaran tersebut.

Tulis semua surat tersebut dengan rapi dan tepat agar isinya dapat terbaca dengan jelas. Anda dapat menggunakan Word atau ubah ke format pdf agar lebih aman. Selanjutnya tinggal kirimkan lamaran pekerjaan via email ke alamat elektronik langsung pada bagian HRD. Jangan sampai salah menuliskannya, agar sampai pada bagian yang tepat.

Lamaran pekerjaan apa saja dapat menggunakan contoh surat yang telah diberikan di atas, selanjutnya Anda dapat menggantinya dengan data yang ada dengan informasi yang sesungguhnya. Dengan demikian kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik tetap terbuka.