Perkantoran di Jakarta: 5 Fasilitas dan Tips Untuk Memilihnya

, ,

Office Now – Perkantoran di Jakarta hampir selalu menjadi lokasi yang banyak diincar oleh para pelaku usaha yang hendak menjalankan bisnis di ibukota. Bangunan perkantoran ini dapat Anda temukan tersebar di berbagai penjuru wilayah Jakarta.

Saat ini Anda juga bisa mendapati gedung perkantoran di Jakarta dengan berbagai macam konsep dan fasilitas. Anda bisa memilih salah satu yang Anda rasa paling nyaman dan sesuai untuk menjalankan kegiatan operasional usaha.

Keuntungan Menjalankan Usaha di Perkantoran di Jakarta

Menempati bangunan perkantoran di Jakarta Pusat atau sekitarnya untuk menjalankan aktivitas usaha tentunya akan memberikan sejumlah keuntungan dan manfaat. Beberapa keuntungan serta manfaat yang dapat Anda nikmati itu antara lain:

Berada di daerah pusat pemerintahan negara

Memiliki basis usaha di jantung ibukota tentunya akan memberikan prestige tersendiri bagi kegiatan usaha Anda. Sedikit banyak, hal ini juga dapat mempengaruhi kelancaran urusan birokrasi karena Anda memiliki kemudahan akses menuju ke pusatnya.

Memiliki dukungan infrastruktur yang relatif lebih lengkap

Anda tentu tahu bahwa daerah ibukota memiliki infrastruktur berikut sarana dan prasarana yang relatif paling lengkap di seluruh Indonesia. Dengan menempati perkantoran di Jakarta Utara dan sekitarnya, niscaya Anda akan bisa ikut menikmati fasilitas tersebut.

Kelengkapan infrastruktur ini antara lain meliputi ketersediaan jalan serta sarana transportasi darat, laut maupun udara yang mendukung kelancaran rantai pasokan. Selain itu, juga adanya koneksi internet yang lebih stabil yang sangat penting bagi kelancaran arus komunikasi.

Mendekati target pasar yang cukup besar

Sebagai ibukota, Jakarta memiliki populasi penduduk yang cukup padat, bahkan berasal dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Banyaknya jumlah dan ragam penduduk ini tentunya bisa  menjadi potensi target pasar yang cukup menjanjikan.

Dengan memilih perkantoran di Jakarta Selatan atau Jakarta lainnya, berarti Anda tengah mendekatkan diri pada target pasar potensial tersebut. Hal ini akan membuat perusahaan Anda relatif lebih mudah menjangkau pasar itu serta sigap menanggapi kebutuhan mereka.

Tips Memilih Perkantoran di Jakarta

Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang mendukung kelangsungan usaha. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih perkantoran di Jakarta Timur atau sekitarnya yang hendak Anda jadikan basis usaha.

Beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memiih salah satu dari sekian banyak gedung perkantoran yang ditawarkan ini antara lain:

Periksa lokasi dan kondisi lingkungan sekitar

Kendati menarik dan menjanjikan, memilih perkantoran di Jakarta Timur Cipayung barangkali kurang cocok untuk Anda yang berdomisili di Jakarta Barat. Pilihan ini akan membuat Anda butuh lebih banyak waktu untuk berangkat ke kantor setiap harinya.

Namun, Anda boleh saja tetap memilih berkantor di daerah itu seandainya memang mempunyai pertimbangan lain, seperti mendekati pasar, dll. Intinya, pastikan lokasi kantor itu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda untuk mengaksesnya.

Pertimbangkan juga kondisi lingkungan di sekitar daerah perkantoran tersebut karena nantinya dapat pula berpengaruh terhadap atmosfer kerja perusahaan Anda.

Cek kondisi bangunan kantor dan surat-menyuratnya

Kondisi bangunan fisik gedung akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan Anda saat beraktivitas di dalamnya. Bahkan pemerintah pun menaruh perhatian khusus mengenai hal ini lantas menuangkannya dalam PP No 16 tahun 2021 mengenai Bangunan Gedung.

Pastikan gedung tersebut memiliki konstruksi yang kokoh, instalasi listrik yang aman, serta suplai air dan sirkulasi udara yang memadai. Selain itu, Anda perlu memeriksa kelengkapan surat-suratnya agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan di kemudian hari.

Sesuaikan dengan konsep usaha

Saat ini, Anda dapat menemukan gedung perkantoran di Jakarta Selatan dengan konsep konvensional maupun berbentuk co-working space. Konsep yang terakhir ini memungkinkan Anda untuk berbagi satu ruang kerja bersama dengan sejumlah pemilik usaha lainnya.

Ukuran gedung perkantoran ini pun umumnya cukup bervariasi. Anda bisa memilih salah satu yang Anda rasa paling cocok dengan konsep dan skala perusahaan.  

Cek kelengkapan fasilitas

Keberadaan fasilitas yang lengkap dan memadai sangatlah mendukung kelancaran aktivitas usahanya. Jika pihak pengelola gedung telah mampu memenuhi kebutuhan fasilitas ini, niscaya Anda akan bisa lebih menghemat waktu, dana, energi untuk melengkapinya.

Sesuaikan dengan budget

Hal ini penting agar jangan sampai langkah Anda menyewa kantor untuk memfasilitasi kegiatan usaha justru berakhir dengan memberatkan keuangan perusahaan. Pertimbangkan pula apakah tarif untuk menempati kantor itu sepadan dengan fasilitas yang ditawarkannya.

Berbagai Fasilitas yang Umum Dimiliki Oleh Perkantoran di Jakarta

Dari berbagai macam alasan seseorang memilih daerah perkantoran di Jakarta sebagai basis usaha, umumnya fasilitas merupakan salah satu poin utama. Beberapa jenis fasilitas yang perlu Anda pertimbangkan keberadaannya di bakal kantor Anda antara lain:

Fasilitas keamanan yang baik

Selain keberadaan petugas dan kamera keamanan, Anda perlu juga mencari tahu kesiapan tangga darurat atau perlengkapan tanggap darurat lainnya. Hal ini penting mengingat situasi bencana bisa saja datang sewaktu-waktu.

Selain itu, mengingat adanya pandemi yang beberapa kali mengharuskan perkantoran di Jakarta PSBB, perhatikan pula kesiapan gedung menghadapi kenormalan baru.

Ruang kerja yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan

Kondisi ruang kerja yang bersih dan lapang, memiliki sirkulasi udara serta pencahayaan yang baik akan membuat suasana kerja menjadi nyaman. Sebaiknya sesuaikan juga kondisi ruang kerja itu dengan kebutuhan aktivitas operasional usaha Anda.

Pertimbangkan juga keberadaan ruang rapat di gedung perkantoran di Jakarta Barat atau sekitarnya itu, sekiranya nanti Anda membutuhkannya.

Furniture yang ergonomis

Meskipun terkesan sederhana, faktor ergonomis sebetulnya merupakan salah satu poin utama lain yang mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang atau suatu kegiatan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak menganggap remeh hal ini.

Faktor ergonomis di lingkungan kerja ini dapat Anda peroleh antara lain melalui kursi dan meja kerja yang nyaman. Jika furniture ini belum termasuk dalam fasilitas yang disediakan oleh kantor, Anda bisa mengusahakan untuk melengkapinya sendiri.

Koneksi internet yang memadai

Saat ini internet bisa dibilang merupakan faktor yang sangat esensial untuk mendukung kelancaran berbagai macam aktivitas, terutama kegiatan operasional usaha. Selain untuk komunikasi, keberadaan internet juga memungkinkan Anda mengakses berbagai informasi.

Data-data serta informasi yang segar dan akurat ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda dalam mengambil keputusan terkait kegiatan usaha.

Sarana relaksasi

Setelah sibuk bekerja sejak pagi hari, tentunya Anda dan rekan-rekan butuh waktu sejenak untuk beristirahat atau makan. Jika lingkungan kantor memiliki atau berada dekat dengan kantin, pujasera, pusat perbelanjaan atau sarana relaksasi lain tentu akan lebih baik.

Hal ini akan memudahkan Anda dan rekan-rekan untuk beristirahat sejenak dan nantinya bisa segera kembali fokus melanjutkan pekerjaan.

Dengan memilih perkantoran di Jakarta secara cermat dan saksama, niscaya Anda akan bisa mendapatkan lokasi tempat usaha yang tepat. Hal ini akan berpengaruh positif terhadap kemajuan dan perkembangan usaha Anda.

Posted in Blog

Sabtu Jan 22 2:24 am

Tidak ada Komentar