Syarat Pendirian PMA di Indonesia, Ikuti 5 Tahapannya

Syarat Pendirian PMA di Indonesia
, ,

Office Now – Untuk Anda yang ingin terjun di dunia bisnis harus mendalami pengelolaan dana untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satunya dengan memahami syarat pendirian PMA di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan melalui penanaman modal.

Mengenal Penanaman Modal Asing

Mengenal Penanaman Modal Asing

Penanaman Modal Asing selalu menjadi topik bahasan yang menarik. PT PMA adalah sebuah aktivitas penanaman modal di wilayah NKRI. Penanaman modal dilakukan oleh sebuah perseroan. 

Modal untuk membangun usaha tersebut berasa dari satu maupun gabungan dari beberapa pemodal dari dalam negeri. Lalu mengapa syarat pendirian PT PMA 2022 harus terselenggara di Indonesia?

Pada dasarnya, Penanaman Modal Asing memiliki banyak sekali fungsi, salah satunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, PMA juga menjadi sumber dana sehingga bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Selain itu, penanaman modal yang dilakukan pihak asing juga akan membantu mengurangi pengangguran. Sebab, penanam modal berkewajiban membayar pajak. Pajak ini akan memberikan tambahan pada cadangan devisa negara.

Proses Penanaman Modal Asing

Sedangkan untuk proses penanaman modal akan berlangsung dalam beberapa tahapan, yaitu:

Tahap Persiapan

Pada tahap persiapan ini, pemilik bisnis harus mempersiapkan syarat pendirian PMA di Indonesia. Tahapan awal, yaitu mengajukan proses penanaman modal dengan mengajukan permohonan kepada BKPM

Pada tahapan pengajuan permohonan ini, Anda wajib memiliki rencana penanaman modal asing. Termasuk menjelaskan bisnis yang akan dikerjakan berikut dengan besaran modal yang akan diinvestasikan. 

Tahap Konstruksi

Selanjutnya yaitu tahapan konstruksi yang disebut juga sebagai tahapan realisasi. Setelah tahapan pengajuan permohonan mendapatkan persetujuan, maka pemilik usaha mulai mempersiapkan pendirian perusahaan.

Salah satunya mempersiapkan contoh akta pendirian PT PMA pdf. Pada tahapan ini memang cukup rumit karena harus menyediakan fasilitas agar PT PMA bisa segera beroperasi. Sehingga Anda bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman.

Tahap Produksi

Tahapan terakhir yaitu Anda mulai bisa melakukan penanaman modal asing. Ketika tahapan persiapan sudah mencapai 85 persen, maka Anda bisa mulai tahapan produksi.

Syarat Pendirian PMA di Indonesia

Syarat Pendirian PMA di Indonesia

Langkah awal dari PMA, yaitu pendirian badan hukum berupa PT. Proses pendirian PT sama halnya dengan pendirian perusahaan lokal lainnya. Hanya saja harus mendapatkan persetujuan dari BKPM. 

Persetujuan tersebut ditandai dengan terbitnya izin prinsip. Izin prinsip merupakan perizinan yang wajib sebelum mulai melakukan penanaman modal. 

Dalam peraturan penanaman modal terbaru, terdapat persyaratan yang harus Anda siapkan. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan untuk mendirikan PT PMA,  antara lain:

  • Sertakan fotokopi identitas diri berupa KTP atau paspor dari pendiri perusahaan.
  • Fotokopi NPWP.
  • Laporan anggaran dasar bagi pemohon yang sudah berbadan hukum.
  • Nomor telepon.
  • Pas foto berlatar belakang merah dengan ukuran 3X4 dan 4X6 sebanyak 4 lembar.
  • Menyertakan keterangan struktur kepengurusan dan kepemilikan saham dari para pendiri PT.
  • Alamat PT PMA
  • Fotokopi IMB untuk bangunan yang dijadikan kegiatan operasional PT PMA.
  • Stempel perusahaan.
  • Surat kuasa asli.
  • Alur produksi secara lengkap mulai dari bahan baku sampai menjadi produk jadi.
  • Deskripsi kegiatan dan jasa.
  • Surat pernyataan permodalan.

Selain persyaratan tersebut, Anda juga harus mempersiapkan izin prinsip. Berikut tambahan syarat pendirian PMA di Indonesia yang harus Anda persiapkan, antara lain:

  • Identitas dari para pemilik saham.
  • Rencana kegiatan.
  • Surat kuasa jika pengurusan diserahkan kepada pihak lain.

Untuk proses pengajuan izin prinsip sangat sederhana. Anda perlu membuat surat permohonan dan menyerahkannya bersama persyaratan lain ke BKPM. Setelah itu, pihak BKPM akan melakukan pemeriksaan.

Saat sudah lengkap, maka akan berlanjut ke proses validasi. Jika telah melalui proses validasi dan lolos, maka permintaan akan segera disahkan. Untuk proses ini berlangsung selama 7 hari kerja.

Prosedur Pendirian PT PMA di Indonesia

Prosedur Pendirian PT PMA

Setelah mempersiapkan semua persyaratan, Anda bisa melanjutkan proses untuk mendirikan PMA. Berikut ini prosedur pendirian PT PMA, meliputi:

Memenuhi Syarat

Tahapan pertama yang harus dilalui yaitu pemenuhan syarat untuk mendirikan PT Penanaman Modal Asing. Ada 3 syarat harus Anda penuhi, yaitu:

  • Akta pendirian PT PMA
  • Surat Keputusan dari Kemenkumham dan pengesahan dari badan hukum PT
  • NPWP perusahaan

Sebagai salah satu syarat dari nilai investasi dan modal, pemilik usaha harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu NIB. 

Mengajukan Permohonan Perizinan

Agar memperoleh izin, maka Anda harus mengajukan permohonan kepada BKPM. Ada formulir yang bisa Anda isi dan berilah informasi yang benar. 

Untuk menghindari kesalahan, Anda bisa menggunakan penyedia jasa yang akan membantu masalah pengurusan. Sehingga tidak ada proses yang tertinggal. Sebab, jika ada kekurangan dokumen, maka Anda harus mengulang proses.

Melengkapi Dokumen Syarat Pendirian PMA di Indonesia

Selanjutnya, Anda harus memeriksa dan memastikan kelengkapan dokumen. Tujuannya agar proses pengajuan perizinan berjalan dengan lancar. Ada beberapa kelompok dokumen yang harus Anda kumpulkan.

Pertama, dokumen yang berkaitan dengan legalitas badan hukum. Kedua, syarat orang asing mendirikan perusahaan di Indonesia yaitu legalitas tempat kedudukan.

Legalitas badan hukum berkaitan dengan akta pendirian dan NPWP perusahaan. Sedangkan untuk legalitas kedudukan berupa akta jual beli, sertifikat hak dan perjanjian sewa.

Selain itu, Anda harus mempersiapkan juga dokumen legalitas lingkungan. Syarat pendirian PMA di Indonesia untuk legalitas lingkungan, yakni berupa pengelolaan lingkungan hidup. 

Verifikasi

Pada tahapan verifikasi ini semua dokumen yang Anda serahkan akan diperiksa satu persatu. Jika masih ada dokumen yang kurang, maka petugas akan memberikan pemberitahuan. 

Nantinya dokumen akan dikembalikan agar anda bisa melengkapi. Untuk proses verifikasi membutuhkan kurang lebih 1 minggu dari pengumpulan dokumen. Jika permohonan ditolak, maka Anda akan menerima pemberitahuan setelah 2 hari. Sedangkan jika sudah lengkap, maka hasil verifikasi jangka waktu PT PMA keluar dalam 3 hari.

Laporan Kegiatan Penanaman Modal

LKPM merupakan sebuah laporan memuat proses perkembangan untuk penanaman modal. Laporan akan memuat permasalahan apa saja yang dialami oleh pemilik usaha. Proses ini akan mengikuti peraturan yang berlaku di Indonesia.

Syarat Pendirian PMA di Indonesia: Siapa Saja yang Bisa Melakukannya?

Tidak semua bisa mendapatkan izin untuk mendirikan PMA. Oleh karena itu, perhatikan kembali beberapa hal ini sebelum melanjutkan ke prosedur pendirian Penanaman Modal Asing, antara lain:

Bidang Usaha

Anda harus memperhatikan identifikasi jenis bidang usaha yang akan dijalankan oleh PMA. Hal ini mengacu pada aturan dalam Peraturan Presiden nomor 44 tahun 2016.

Nilai Investasi

Selanjutnya contoh PT PMA harus memenuhi ketentuan nilai modal untuk mendirikan PT PMA. Total nilai investasi harus mengikuti ketentuan lebih dari Rp10 miliar. Untuk modal yang ditempatkan atau disetor, minimal berjumlah Rp10 miliar.

Hal tersebut tercantum dalam Perka BKPM nomor 4 tahun 2021 pasal 12 ayat 7. Perhatikan persyaratan ini agar tidak menghalangi pengajuan permohonan.

Lokasi Kantor

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan letak kantor. PT PMA harus memiliki kantor fisik bukan kantor virtual.

Pemenuhan syarat pendirian PMA di Indonesia bersifat mutlak. Lengkapi semuanya dan teliti agar tidak mempengaruhi proses permohonan perizinan.

Posted in Blog

Rabu Agu 10 4:25 pm

Tidak ada Komentar